02 September 2012

Memperbaiki Shockbreaker Depan Mio


Sebelum dipakai buat mudik ke Jogja kemarin Mioku sempet rewel pada bagian shockbreaker depannya, susah untuk rebound lagi, wah bisa gawat kalau dibawa mudik nih.
Akhirnya bongkar sendiri shocknya sekalian nunggu waktu buka puasa, heheheheh.
Langkah pertama lepas cover depan, roda depan, spakbor depan,  piston rem cakram dan klem selangnya agar shockbreaker bisa lepas bebas dari motor. Karena gak punya kunci L bintang buat lepas piston rem (kepala babi) maka gak aku lepas, agak ribet juga sih kalau gak dilepas.


Setelah itu buka baut dudukan pengunci shockbreaker dengan kunci pas ring 14mm, lalu keluarkan shockbreaker, jika susah mengeluarkannya jangan diketok asnya nanti bisa cacat/penyok. Congkel dulu alur dudukan shockbreaker dengan obeng minus (-) , lalu tarik batang shockbreaker.

buka baut pengunci shock, lalu lepas shock

Buka tutup atas shockbreaker, ada 2 macam model tutup shockbreaker Mio, yang pertama/model lawas menggunakan clip/ring pengunci, dan yang model baru menggunakan drat.
Kalau yang model drat lepasnya gampang banget tinggal buka dratnya pakai kunci L8, sedangkan yang model pakai clip yang agak ribet harus ekstra tenaga dan kesabaran untuk membukanya.

penutup shock model clip dan model drat

Keluarkan per dan buang oli dari dalam tabung shockbreaker. Kocok2 agar seluruh oli terbuang semua. Oli yang kelamaan tidak diganti akan seperti lumpur kental berwarna hitam dan bau gak enak.


Cek panjang per shockbreaker, jika panjangnya sudah dibawah 261,4mm ganti pernya. Cek juga as pipa shock bengkok atau tidak? kalau bengkok ganti.

panjang minimal per 261,4 mm

Setelah kuamati ternyata penyebab shockbreaker mioku gak mau rebound karena as pipa shocknya bengkok (as dalam yang mengkilat). Untuk membongkarnya butuh kunci khusus, yaitu kunci dengan kepala hexgon 10mm dengan panjang kurang lebih 30cm. Bikin saja sendiri pakai besi behel 6mm dibikin gagang T lalu ujungnya dilas dengan baut kepala 10mm. Kunci ini dipakai buat menahan piston dalam shockbreaker agar tidak ikut berputar sewaktu baut penguncinya yang berada ujung bawah shockbreaker dikendorkan.


Setelah lepas asnya langsung ke toko spare part motor buat nebus pipa shockbreaker seharga 90ribu sebiji (yang bengkok cuma sebelah aja) dan juga seal olinya sekalian ganti takutnya dah rusak karena as lama sudah bengkok harganya 15ribu/pcs. Karena adanya pipa shock yang model drat tutupnya sedangkan punya Mioku model klip tutupnya, maka mau gak mau beli juga drat tutup atas Mio seharga 15ribu.


Buka dulu seal debu, lalu buka ring/klip pengunci seal oli menggunakan obeng minus (-). Setelah itu buka seal olinya dengan cara mencongkelnya menggunakan obeng yang kuat, jangan lupa beri tatakan kain yang tebal pada pinggiran tabung shockbreaker agar tidak cacat terkena obeng.


Ganti seal oli dengan yang baru, masukkan seal ke tabung dan ketok perlahan secara rata dan jangan sampai miring. Agar bisa rata semua beri tatakan benda bulat dengan diameter yang hampir sama dengan seal ( aku pakai bearing bekas roda motor pas banget ) baru setelah itu pukul secara perlahan tapi pasti sampai seal masuk kedalam tabung.


Setelah itu pasang clip pengunci dan pasang seal debunya, baru pasang pipa shock, dan piston dalam shock. Kunci dengan baut pengunci dari ujung bawah shock, dan pastikan baut sampai benar-benar kencang agar oli tidak bocor.
Isi masing-masing tabung dengan oli sebanyak 57ml, aku pakai oli merk jumbo yang banyak dijual dipasaran harganya variatif antara 5.000-10.000. Biar gampang menakar jumlah olinya aku pakai suntikan yang ada ukurannya, tinggal sedot sebanyak yang kita mau, kalau ukuran terbatas ya tinggal dikalkulasi saja berapa kali nyuntiknya.


Biar mudah nanti dalam pemasangan tutup shockbreaker, pasang dulu kedua shock di dudukannya dan kunci dengan baut pengncinya. Tarik sok pada posisi terbawah, masukkan per dengan posisi ulir rapat diatas dan ulir renggang dibawah, lalu pasang tutup atasnya. Jika sistem drat ya tinggal putar dan kencangkan dratnya pakai kunci L. Jika sistem clip harus agak bersusah dikit dengan menekannya menggunakan obeng lalu pasang clip penguncinya.
Terakhir pasang silinder/piston rem (kalau dilepas), spakbor, dan roda, lalu cek ulang lagi kekencangan baut2nya. Jika dah OK tinggal tes dan rasakan kembali rebound shockbreaker yang kembali empuk.


58 comments:

  1. untuk ninggiin shock depan gimana mas? bisa dganti dengan per yg lebih panjang gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cuman ganti per gak berubah tingginya yang ada malah tambah keras shocknya, pipa harus ganti per juga mengikuti pipa. tapi nyari pipa yang sesuai itu yang susah

      Delete
  2. untuk ninggiin shock depan gimana mas? bisa dganti dengan per yg lebih panjang gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa, yang ada malah gak karuan reboundnya

      Delete
  3. modif shock beker belakang agar bisa dibongkar pasang ketika menganti seal dan ganti oli gimana caranya mas. kalo ada ide sharing .....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane belum pernah bongkar kalau yang belakang, peralatan ane kurang mendukung

      Delete
  4. Habis bongkar kok jd seret boss? Olinya ∫äỳª isi 54ml masing2 tabung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek seal ama tabungnya ada yang cacat tidak

      Delete
  5. weh bisa tuh caranya di cobaaa....
    http://camperduk93.blogspot.com/2014/01/mengatasi-bunyi-rantai-bising-pada.html

    ReplyDelete
  6. Gan kalo mau nyopot shocknya gmana ya ? Soalnya waktu mau ngelepas shocknya susah banget.

    ReplyDelete
  7. Diatas sudah dijelaskan cara bukanya silahkan baca lagi

    ReplyDelete
  8. gan apakah bisa tabung skok mio di pasang pipanya honda grend
    kalu bisa, yang perlu di ganti atau yang disiapkan apa saja.
    terimakasih

    ReplyDelete
  9. Waduh aku belum pernah bongkar honda grand, kayaknya sih diameter pipa sama 26mm, tapi gak tahu dalamannya sama atau tidak, dan juga kayaknya lebih panjang punyanya grand, apakah pnp aku gak bisa jawab soalnya belum pernah

    ReplyDelete
  10. saya kemari bongkar sock depan bareng temen, niatnya cuma mau ganti seal nya doang, tapi kok sekarang malah tambah keras. apa mungkin olinya kebanyakan nya? mohon bantuannya..

    ReplyDelete
  11. kalo yang bengkong tabungnya Gan, apa bisa di lurusin lagi?

    ReplyDelete
  12. Mantap gan postingnya.
    Mio smile ane reboundnya seret.udh ganti per ama cb bbrp kali vol oli yg beda2 tapi masih seret. Udh bongkar dalemannya kata bengkel g da masalah (tmsk bengkel khusus shockbreaker). Kira2 knp y gan? Rezi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pipa sulingnya bengkok gak gan, bengkok dikit aja bisa seret

      Delete
  13. nice share gan...
    saya tunggu postingan berikutnya.. :D

    ReplyDelete
  14. Keep share bro, baru ganti oli shock mio lebih lembut dari aslinya

    ReplyDelete
  15. posisi as saat di isi oli, gimana ya gan , apakah posisinya dlm kondisi masuk ke dalem sampe metok atau ga ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak masalah mau diatas mau dibawah , kalau saya biasanya posisi atas pas ngisi , setelah terisi saya kocok2 as pipanya ketas bawah biar masuk olinya, baru pasang per dan penutup

      Delete
  16. Om kalo gak pake konci khusus yg ente buat sendiri bsa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau suling dalam gak ikut muter waktu kendorin baut pengunci L6 bawah bisa gan, kunci khusus cuma buat nahan suling gak ikut muter waktu kendorin baut, waktu kendorin baut l6 pipa as ditarik aja gan jadi buat nahan suling dalam tidak ikut mutar

      Delete
  17. Mas saya mau tanya cara pasang baut L6 nya (yg di bawah) pakai konci L6 aja atau mesti pakai obeng ketok juga?

    ReplyDelete
  18. Susah banget ngelepas ring pengunci.
    Dicongkel2 tetep gak bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. enaknya sih pipa shocknya dicatok/ragum tangan kiri buat nekan penutup, tangan kanan buat congkel ring pengunci, congkelnya pakai obeng min(-) yang kecil misal tespen atau yang lainnya yang penting kuat obengnya

      Delete
  19. thnks atas artikelnya bos bermanfaat bngt

    ReplyDelete
  20. bisa juga memamakai minyak goreng yang go green seperti di https://www.youtube.com/watch?v=ayqTaQgj16M

    ReplyDelete
  21. permisi gan, mau numpang nanya saya punya jupiter mx tapi shock depan udah oblak kalo saya standar 2 & pada saat di kendarai kena jalan sedikit gelombang krasa banget oleng,, itu kira2 shockbreaker bagian apanya ya gan kok sampe oblak begitu?"

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum mengerti maksudnya shock oblak gimana, menurut saya shock gak bisa oblak kalau sealnya gak hancur. Mungkin yang oblak bearing rodanya gan jadi kerasa kayak goyang shocknya, untuk cek standarin tengah motor, terus pegang dan goyang goyang roda depan, kalau oblak berati bearing roda depan minta jajan. Kemungkinan lain komstir yang kendor atau aus pelornya juga bikin goyang stang. Untuk ngecek standarin tengah motornya terus pegang batang shock dua duanya terus goyang goyangin kalau oblak berarti komstir minta diservis

      Delete
  22. motor saya knpa stirx ky berat bgtu, ky ban dpanx nempel di aspal atau di jln, apa krn shockx yg kurang bgus atau gmna gan, sdh sya ganti shock baru tapi sma saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba standarin tengah dan posisi roda depan terangkat terus coba mainkan setir, kalau berat juga berarti komstir yang bermasalah mungkin udah aus pelornya/bearingnya atau mungkin kekencangan settingnya jadi berat buat dihandling

      Delete
  23. Mio Fino saya shock depan nya kalo dijalan berlubang kok rasanya kayak mentok itu kenapa mas ya tolong info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oli shock udah mengental dan berkurang bisa jadi om, karena gak pernah diganti

      Delete
  24. Mksh postinganya.. Sngat bermanfaat

    ReplyDelete
  25. Gan mio ane keras shok depanya.
    Ga ada yg rembes di olinya.
    Dr 2011 blum pernah di oprek

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah 6 tahun dah jadi lumpur itu olinya ya pasti keras om

      Delete
  26. Saya steam motor di tinggal shok depan kaya di tuker sama tukang steam gmn cara nanyain nya ya

    ReplyDelete
  27. Bang kunci T yang panjang itu ujungnya di las pakai baut yang ukurannya kunci sok 10 itu ta maksudnya? Itu udah pas gk bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pakai baut yang ukuran kunci shock 10, tapi coba saja dulu gak usah pakai kunci T , biasanya kalau udah pernah dibongkar bisa dikendorin baut L6 bawah tanpa pakai kunci T

      Delete
  28. Pake kunci L10 tanpa sambung nyampe kok, mio vega, ngk tau motor yg laen. Panjang kira2 sejengkal

    ReplyDelete
  29. Mantap nih postingan lama tapi masih update aja komennya. Saya rencana mau ganti per shock soul gt pake pershocknya x ride kira² bisa gak ya??

    ReplyDelete
  30. Izin gabung gan...
    Sy punya mio j 2013, mhon pencerahan nya gan agar mio j sy jd empuk shock nya.
    jika per dan sulingan nya aja yg diganti pake punya beat.
    Maksih sblm nya.

    ReplyDelete
  31. Kalo ganti shockbreaker depan sebelah aj bisa ga ya?

    ReplyDelete