11 September 2012

Bikin Bookself Speaker


Bookself speaker ini merupakan rancangan seorang DIYers yang dishare di internet secara gratis. Diberi nama Audio Kitchen AK61P. Rancangannya menggunakan driver lokal, untuk woofer 6"nya menggunakan Curve 618 buatan Sinar Baja Electric. Untuk tweeternya menggunakan Doom Tweeter American Boss DMT 4006, sayangnya sekarang udah gak diproduksi lagi. Akhirnya untuk tweeternya aku pakai Dome Tweeter ACR 9KH yang juga buatan Sinar Baja Electric.


Panelnya aku gak pakai mdf, tapi pakai plywood sisa2 potongan bikin meja setebal 1,8cm dan dipotong sesuai ukuran pada gambar. Perakitan pakai lem kayu putih pada tiap sambungan, lalu disekrup 1". Setelah itu baru didempul pada sambungan2nya dan diamplas sampai rata. Terakhir cat semprot hitam pakai Nippe 2000, dan jadilah boks speakernya.
Di sekeliling bagian dalam box speaker dikasih peredam dacron, dan pemasangan antara driver dengan box dikasih busa agar rapat gak ada celah.


Untuk portnya aku menggunakan pipa paralon 1" (2,54 cm) dengan panjang 12 cm


Crossover juga itung sendiri, menggunakan sistem 2 way, calculator dan tutorialnya bisa dilihat disini. HPF dan LPF aku cut di 4kHz, untuk tweeter pakai 2nd order dengan capasitor MKP Audiophiller 3,3uF (yang murmer aja) dan coil 0,45mH. Sedangkan untuk Woofernya cuma pakai sistem 1st order saja menggunakan coil 0,34mH. Coilnya juga cuman bikin sendiri, itung-itungannya lihat disini. SPL tweeter lebih besar dari woofer, agar tweeter tidak mendahului woofer, dikasih L-Pad resistor 3,3 ohm dan 10 ohm masing2 10Watt, itungannya disini. Kabel koneksinya pakai CAT5 bekas kabel jaringan, 2 kabel jadikan 1 untuk satu line.


Suaranya....... menurut kuping amatirku antara low agak dominan. Midnya tenggelam sehingga vokal kurang loss. Highnya belum bisa mereproduksi secara sempurna, ces..ces..nya kurang cling.... Apa karena aku pakai ACR untuk tweeternya, entahlah....nyari AmBoss susah disini apalagi yang 4006 dah discontinued. Tapi overall buat home audio di kamar cukup bisa diandalkan. Kedepan rencana mau upgrade crossover pakai komponen yang lebih tinggi, nunggu duit ngumpul dulu, hehehehehe



7 comments:

  1. mas cocok gak untuk power tda7294 bridge?

    ReplyDelete
  2. cocok aja, cuman menurutku middle kurang, kalau mau middle, bass, treble sip, woofernya pakai ACR C-630-WH vokal bener2 keluar. tweeter sama dimensi boks tetap, yang berubah cuman lubang buat mounting woofernya aja
    lihat disini spek woofernya http://acrspeaker.com/productdetail.php?categ=K14&idproduct=16

    ReplyDelete
  3. makasih infonya mas..smga bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Gan klo tetep pake ambos 4006 dg acr 618 utk portnya panjang tetep 12cm atau berubah jd berapa ya?

    ReplyDelete
  5. polaritas tweter udah dibalik gan? biasany kurang cis" karna dip. karna pakek 2nd order phasenya 180

    ReplyDelete
  6. Xover cutnya coba dirubah gan

    ReplyDelete
  7. Ada yg jual cross over u paduan acr 9kh dan acr 630...? Ane ada speakernya tapi nggak ada ilmunya buat bikin...

    ReplyDelete