30 August 2012

Mudik Ke Jogja Pakai Motor Mio


Sebelumnya mau ngucapin dulu Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433H, Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Ma'af Lahir dan Batin.

Tahun ini adalah acara mudik ke Jogja pakai sepeda motor yang ke enam bagiku. Lima kali mudik pakai motor Supra X, dan kali ini nyobain pakai motor Yamaha Mio.


Berangkat dari Tangerang boncengan sama istriku hari Kamis, 16 Agustus jam 16.30. Secara itung-itungan dengan berangkat sore, dalam bayanganku bisa sampai Jogja pagi hari atau paling gak siang jam 12an. Ternyata eh ternyata mulai dari Jakarta sampai  Karawang jalanan sangat padat merayap. Di Karawang bahkan sepeda motor dialihkan melewati jalur alternatif Cilamaya, sehingga tidak melewati Cikampek yang katanya udah stagnan. Jalur Cilamaya cukup parah, jalan rusak dan berdebu, dan parahnya pom bensin bisa dihitung dengan jari. Keluar dari jalur itu langsung nyampai daerah Pamanukan Pantura pas terdengar adzan subuh. Pantura dah padat merayap karena motor, mobil, truk nyampur jadi satu.
Keluar dari Cirebon ambil ke jalur Brebes barulah mulai longgar trafficnya. Dan setelah 30 jam akhirnya nyampe juga di Jogja hari Jum'at jam 21.30. Dengan jarak 630km habis bensin sekitar 100ribu lebih, lupa gak dicatat kemarin.

Untuk pulangnya istriku naik pesawat, so aku sendirian saja naik motornya. Terasa lebih enteng sehingga speed bisa mencapai 100 kpj. Dari Jogja hari Minggu jam 6.30, jalanan cukup lancar speed rata2 70an. Sampai Cirebon jam 2 siang mulai keliatan kepadatannya, dan benar di Cirebon arus kendaraan di pecah. Untuk roda 4 lewat jalur utama, dan untuk motor lewat Karang Ampel. Jalurnya lumayan sepi dan jalannya juga rata. Pas keluar jalur alternatif ini dan masuk lagi ke jalur Pantura kemacetan dah sangat parah. sampai Cikampek jam 7 malam. Lepas dari Cikampek sudah mulai lancar dan akhirnya sampai juga di Tangerang jam 00.30. 18 jam perjalanan dan habis bensin 90ribu.

Secara keseluruhan mudik tahun ini adalah mudik terparah yang pernah kulalui. Kalau dulu Jakarta-Jogja (dulu masih tinggal di Jakarta) naik motor boncengan cuman sekitar 17 jam. Kalau sendiri sekitar 15jam, bahkan pernah cuman 12 jam tancep gas terus istirahat cuman pas isi bensin. Mungkin karena peminat mudik pakai kendaraan pribadi semakin meningkat dari tahun ke tahun sehingga arus lalu lintas pas mudik juga semakin padat.
Naik Mio enak kalau pas lancar, kalau pas macet kaki yang pegel karena Mio cukup pendek sehingga beban akan terasa lebih berat. Gak enaknya Mio pas dapat jalur tanjakan (seperti di Bumiayu)  kalau mau nyalip bus/truk harus ancang-ancang dari jauh agar dapet kecepatan yang cukup buat nyalip, kalau langsung nyalip dari jarak dekat/belakangnya gak ngejar.

Tips mudik pakai sepeda motor :
  1. Persiapkan kondisi motor agar prima, servis mesinnya, ganti oli, ban jangan botak, rem jangan blong, jika pakai matic perhatikan bagian CVT, pengalaman kemarin di Pantura ganti kanvas kopling karena sudah aus. Dan satu lagi sebisa mungkin motor dalam kondisi standar, jangan pakai asesoris yang gak perlu, pengalaman pas mudik pakai Supra dudukan shockbreaker belakang bengkok karena pakai sambungan peninggi Shockbreaker.
  2. Fisik juga harus prima, tidur yang cukup sebelum berangkat, minum multivitamin juga berguna untuk tubuh. Di perjalanan minum air putih yang banyak agar tidak dehidrasi.
  3. Istirahat jika sudah terasa capek gak usah memaksa ngejar waktu apalagi kalau jalanan padat, toh nanti juga kena macet juga. Istirahat sekitar 15-30 menit bisa mengembalikan stamina dan konsentrasi yang berkurang.
  4. Jika pas di jalur kita Pom bensin penuh terus, kita bisa isi bensin di jalur yang berlawanan dengan kita (puter balik). Biasanya ngantrinya cuman dikit.
  5. Bawa peta atau GPS, berguna jika kita baru pertama kali mudik dan belum mengenal jalan, kalau udah hafal jalan kayaknya gak perlu2 amat, tapi ya buat persiapan sebaiknya dibawa.
  6. Kalau pertama mudik pakai motor sebaiknya jalan siang hari, dan jangan malam hari kecuali ada teman yang udah tahu jalan, kalau sendirian bisa2 nyasar dan malah gak nyampai2 ke kota tujuan.
  7. Jangan membawa barang berlebihan, sehingga menyusahkan kita untuk mengendalikan motor, dan sebisa mungkin jangan menggendong tas dengan beban berat di tubuh, akan terasa sangat capek badan kita nanti (pengalaman dulu gendong tas ransel isi baju dll, pas nyampe dirumah badan pegel semua).



12 comments:

  1. wah sangat membantu mas trima kasih banyak ya sharingnya

    ReplyDelete
  2. nice info. Salam kenal. Numpang lapak http://hendrasuhendra176.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Monggo diobral tiket pulkam dengan Travel unit Avanza Xenia Luxio Cirebon Kuningan Majalengka Indramayu Brebes Tegal Cp 081224144439

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Lewat jalur pantura, setelah tegal ke kanan lewat brebes pinggir sungai

      Delete
  5. Rencana 18 Maret mau Gass Jogja & Magelang

    ReplyDelete
  6. mantap pengalaman yang bermanfaat untuk banyak orang

    ReplyDelete
  7. Estimasi biaya nya berapa gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bensin sekitar 100 ribuan gan sekali jalan, mio ane yg karbu jadi agak boros, gak tau kalau yg injection mungkin lebih irit

      Delete
  8. mas kalau rute jogja ke karawang barat hafal gak mas? mohon bantuannya mas karena ini pertama kalinya hehehe

    ReplyDelete
  9. matab gan

    http://ngeposinfo.blogspot.co.id/

    ReplyDelete