Sebelum dipakai buat mudik ke Jogja kemarin Mioku sempet rewel pada bagian shockbreaker depannya, susah untuk rebound lagi, wah bisa gawat kalau dibawa mudik nih.
Akhirnya bongkar sendiri shocknya sekalian nunggu waktu buka puasa, heheheheh.
Langkah pertama lepas cover depan, roda depan, spakbor depan, piston rem cakram dan klem selangnya agar shockbreaker bisa lepas bebas dari motor. Karena gak punya kunci L bintang buat lepas piston rem (kepala babi) maka gak aku lepas, agak ribet juga sih kalau gak dilepas.
Setelah itu buka baut dudukan pengunci shockbreaker dengan kunci pas ring 14mm, lalu keluarkan shockbreaker, jika susah mengeluarkannya jangan diketok asnya nanti bisa cacat/penyok. Congkel dulu alur dudukan shockbreaker dengan obeng minus (-) , lalu tarik batang shockbreaker.
buka baut pengunci shock, lalu lepas shock |
Buka tutup atas shockbreaker, ada 2 macam model tutup shockbreaker Mio, yang pertama/model lawas menggunakan clip/ring pengunci, dan yang model baru menggunakan drat.
Kalau yang model drat lepasnya gampang banget tinggal buka dratnya pakai kunci L8, sedangkan yang model pakai clip yang agak ribet harus ekstra tenaga dan kesabaran untuk membukanya.
penutup shock model clip dan model drat |
Keluarkan per dan buang oli dari dalam tabung shockbreaker. Kocok2 agar seluruh oli terbuang semua. Oli yang kelamaan tidak diganti akan seperti lumpur kental berwarna hitam dan bau gak enak.
Cek panjang per shockbreaker, jika panjangnya sudah dibawah 261,4mm ganti pernya. Cek juga as pipa shock bengkok atau tidak? kalau bengkok ganti.
panjang minimal per 261,4 mm |
Setelah kuamati ternyata penyebab shockbreaker mioku gak mau rebound karena as pipa shocknya bengkok (as dalam yang mengkilat). Untuk membongkarnya butuh kunci khusus, yaitu kunci dengan kepala hexgon 10mm dengan panjang kurang lebih 30cm. Bikin saja sendiri pakai besi behel 6mm dibikin gagang T lalu ujungnya dilas dengan baut kepala 10mm. Kunci ini dipakai buat menahan piston dalam shockbreaker agar tidak ikut berputar sewaktu baut penguncinya yang berada ujung bawah shockbreaker dikendorkan.
Setelah lepas asnya langsung ke toko spare part motor buat nebus pipa shockbreaker seharga 90ribu sebiji (yang bengkok cuma sebelah aja) dan juga seal olinya sekalian ganti takutnya dah rusak karena as lama sudah bengkok harganya 15ribu/pcs. Karena adanya pipa shock yang model drat tutupnya sedangkan punya Mioku model klip tutupnya, maka mau gak mau beli juga drat tutup atas Mio seharga 15ribu.
Buka dulu seal debu, lalu buka ring/klip pengunci seal oli menggunakan obeng minus (-). Setelah itu buka seal olinya dengan cara mencongkelnya menggunakan obeng yang kuat, jangan lupa beri tatakan kain yang tebal pada pinggiran tabung shockbreaker agar tidak cacat terkena obeng.
Ganti seal oli dengan yang baru, masukkan seal ke tabung dan ketok perlahan secara rata dan jangan sampai miring. Agar bisa rata semua beri tatakan benda bulat dengan diameter yang hampir sama dengan seal ( aku pakai bearing bekas roda motor pas banget ) baru setelah itu pukul secara perlahan tapi pasti sampai seal masuk kedalam tabung.
Setelah itu pasang clip pengunci dan pasang seal debunya, baru pasang pipa shock, dan piston dalam shock. Kunci dengan baut pengunci dari ujung bawah shock, dan pastikan baut sampai benar-benar kencang agar oli tidak bocor.
Isi masing-masing tabung dengan oli sebanyak 57ml, aku pakai oli merk jumbo yang banyak dijual dipasaran harganya variatif antara 5.000-10.000. Biar gampang menakar jumlah olinya aku pakai suntikan yang ada ukurannya, tinggal sedot sebanyak yang kita mau, kalau ukuran terbatas ya tinggal dikalkulasi saja berapa kali nyuntiknya.
Biar mudah nanti dalam pemasangan tutup shockbreaker, pasang dulu kedua shock di dudukannya dan kunci dengan baut pengncinya. Tarik sok pada posisi terbawah, masukkan per dengan posisi ulir rapat diatas dan ulir renggang dibawah, lalu pasang tutup atasnya. Jika sistem drat ya tinggal putar dan kencangkan dratnya pakai kunci L. Jika sistem clip harus agak bersusah dikit dengan menekannya menggunakan obeng lalu pasang clip penguncinya.
Terakhir pasang silinder/piston rem (kalau dilepas), spakbor, dan roda, lalu cek ulang lagi kekencangan baut2nya. Jika dah OK tinggal tes dan rasakan kembali rebound shockbreaker yang kembali empuk.
Thanks artikelnya......
ReplyDeletemantap pakdeeeeee
ReplyDeleteuntuk ninggiin shock depan gimana mas? bisa dganti dengan per yg lebih panjang gak?
ReplyDeletekalau cuman ganti per gak berubah tingginya yang ada malah tambah keras shocknya, pipa harus ganti per juga mengikuti pipa. tapi nyari pipa yang sesuai itu yang susah
Deleteuntuk ninggiin shock depan gimana mas? bisa dganti dengan per yg lebih panjang gak?
ReplyDeletegak bisa, yang ada malah gak karuan reboundnya
Deletemodif shock beker belakang agar bisa dibongkar pasang ketika menganti seal dan ganti oli gimana caranya mas. kalo ada ide sharing .....
ReplyDeleteane belum pernah bongkar kalau yang belakang, peralatan ane kurang mendukung
Deletekeren nih artikelnya..mantapp!!
ReplyDeleteHabis bongkar kok jd seret boss? Olinya ∫äỳª isi 54ml masing2 tabung.
ReplyDeletecoba cek seal ama tabungnya ada yang cacat tidak
Deleteweh bisa tuh caranya di cobaaa....
ReplyDeletehttp://camperduk93.blogspot.com/2014/01/mengatasi-bunyi-rantai-bising-pada.html
Gan kalo mau nyopot shocknya gmana ya ? Soalnya waktu mau ngelepas shocknya susah banget.
ReplyDeleteBaca aja postingan diatas ada kok
DeleteDiatas sudah dijelaskan cara bukanya silahkan baca lagi
ReplyDeletegan apakah bisa tabung skok mio di pasang pipanya honda grend
ReplyDeletekalu bisa, yang perlu di ganti atau yang disiapkan apa saja.
terimakasih
Waduh aku belum pernah bongkar honda grand, kayaknya sih diameter pipa sama 26mm, tapi gak tahu dalamannya sama atau tidak, dan juga kayaknya lebih panjang punyanya grand, apakah pnp aku gak bisa jawab soalnya belum pernah
ReplyDeletesaya kemari bongkar sock depan bareng temen, niatnya cuma mau ganti seal nya doang, tapi kok sekarang malah tambah keras. apa mungkin olinya kebanyakan nya? mohon bantuannya..
ReplyDeleteKalau keras berarti olinya kebanyakan
DeleteGan per yg jrng2 d atas atw d bawah
Deleteyang rapat diatas yang renggang dibawah
Deletekalo yang bengkong tabungnya Gan, apa bisa di lurusin lagi?
ReplyDeleteGak bisa gan, harus ganti baru
DeleteMantap gan postingnya.
ReplyDeleteMio smile ane reboundnya seret.udh ganti per ama cb bbrp kali vol oli yg beda2 tapi masih seret. Udh bongkar dalemannya kata bengkel g da masalah (tmsk bengkel khusus shockbreaker). Kira2 knp y gan? Rezi
Pipa sulingnya bengkok gak gan, bengkok dikit aja bisa seret
Deletenice share gan...
ReplyDeletesaya tunggu postingan berikutnya.. :D
Ok
DeleteKeep share bro, baru ganti oli shock mio lebih lembut dari aslinya
ReplyDeleteposisi as saat di isi oli, gimana ya gan , apakah posisinya dlm kondisi masuk ke dalem sampe metok atau ga ??
ReplyDeletegak masalah mau diatas mau dibawah , kalau saya biasanya posisi atas pas ngisi , setelah terisi saya kocok2 as pipanya ketas bawah biar masuk olinya, baru pasang per dan penutup
DeleteOm kalo gak pake konci khusus yg ente buat sendiri bsa gak?
ReplyDeletekalau suling dalam gak ikut muter waktu kendorin baut pengunci L6 bawah bisa gan, kunci khusus cuma buat nahan suling gak ikut muter waktu kendorin baut, waktu kendorin baut l6 pipa as ditarik aja gan jadi buat nahan suling dalam tidak ikut mutar
DeleteMas saya mau tanya cara pasang baut L6 nya (yg di bawah) pakai konci L6 aja atau mesti pakai obeng ketok juga?
ReplyDeletepakai L6 biasa aja udah kenceng kok gan
DeleteSusah banget ngelepas ring pengunci.
ReplyDeleteDicongkel2 tetep gak bisa.
enaknya sih pipa shocknya dicatok/ragum tangan kiri buat nekan penutup, tangan kanan buat congkel ring pengunci, congkelnya pakai obeng min(-) yang kecil misal tespen atau yang lainnya yang penting kuat obengnya
Deletethnks atas artikelnya bos bermanfaat bngt
ReplyDeletebisa juga memamakai minyak goreng yang go green seperti di https://www.youtube.com/watch?v=ayqTaQgj16M
ReplyDeletepermisi gan, mau numpang nanya saya punya jupiter mx tapi shock depan udah oblak kalo saya standar 2 & pada saat di kendarai kena jalan sedikit gelombang krasa banget oleng,, itu kira2 shockbreaker bagian apanya ya gan kok sampe oblak begitu?"
ReplyDeletesaya belum mengerti maksudnya shock oblak gimana, menurut saya shock gak bisa oblak kalau sealnya gak hancur. Mungkin yang oblak bearing rodanya gan jadi kerasa kayak goyang shocknya, untuk cek standarin tengah motor, terus pegang dan goyang goyang roda depan, kalau oblak berati bearing roda depan minta jajan. Kemungkinan lain komstir yang kendor atau aus pelornya juga bikin goyang stang. Untuk ngecek standarin tengah motornya terus pegang batang shock dua duanya terus goyang goyangin kalau oblak berarti komstir minta diservis
Deletemotor saya knpa stirx ky berat bgtu, ky ban dpanx nempel di aspal atau di jln, apa krn shockx yg kurang bgus atau gmna gan, sdh sya ganti shock baru tapi sma saja
ReplyDeletecoba standarin tengah dan posisi roda depan terangkat terus coba mainkan setir, kalau berat juga berarti komstir yang bermasalah mungkin udah aus pelornya/bearingnya atau mungkin kekencangan settingnya jadi berat buat dihandling
DeleteMio Fino saya shock depan nya kalo dijalan berlubang kok rasanya kayak mentok itu kenapa mas ya tolong info nya
ReplyDeleteoli shock udah mengental dan berkurang bisa jadi om, karena gak pernah diganti
DeleteMksh postinganya.. Sngat bermanfaat
ReplyDeleteGan mio ane keras shok depanya.
ReplyDeleteGa ada yg rembes di olinya.
Dr 2011 blum pernah di oprek
hahahah 6 tahun dah jadi lumpur itu olinya ya pasti keras om
DeleteSaya steam motor di tinggal shok depan kaya di tuker sama tukang steam gmn cara nanyain nya ya
ReplyDeleteBang kunci T yang panjang itu ujungnya di las pakai baut yang ukurannya kunci sok 10 itu ta maksudnya? Itu udah pas gk bang?
ReplyDeleteiya pakai baut yang ukuran kunci shock 10, tapi coba saja dulu gak usah pakai kunci T , biasanya kalau udah pernah dibongkar bisa dikendorin baut L6 bawah tanpa pakai kunci T
DeleteTerimakasih, sangat membantu
ReplyDeleteSangat bermanfaat ☺
ReplyDeletethank dah mampir
DeletePake kunci L10 tanpa sambung nyampe kok, mio vega, ngk tau motor yg laen. Panjang kira2 sejengkal
ReplyDeletethanks gan inponya
DeleteMantap nih postingan lama tapi masih update aja komennya. Saya rencana mau ganti per shock soul gt pake pershocknya x ride kira² bisa gak ya??
ReplyDeleteIzin gabung gan...
ReplyDeleteSy punya mio j 2013, mhon pencerahan nya gan agar mio j sy jd empuk shock nya.
jika per dan sulingan nya aja yg diganti pake punya beat.
Maksih sblm nya.
Kalo ganti shockbreaker depan sebelah aj bisa ga ya?
ReplyDelete