13 September 2012

Nyobain Power APEX AX14P


Power Amplifier APEX AX14P merupakan salah satu rancangan DIYers Serbia Mr. Mile Slavkovic. Basic dari APEX AX14P adalah APEX AX14 hanya disini ditambahkan rangkaian protector di outputnya. Jika mau liat diskusinya ada disini. AX14 dengan daya keluaran 80W untuk beban 8ohm, dan 120W untuk beban 4ohm ini sangat direkomendasikan untuk dicoba oleh sang perancangnya sendiri. Karena sangat penasaran akan kualitas suaranya dan setelah baca2 di forumnya kepingin juga nyobain rasa AX14.

Rangkaian AX14P

Langsung aja nyobain yang pakai protector, biar aman speakernya jika ada masalah di powernya.
PCB menggunakan layout dari AX14 keluaran Mr. Miles, dengan dimodifikasi sedikit dan ditambah dengan rancang sendiri layout protectornya karena belum ada yang rilis Layout PCB AX14 dengan protector. Bikin Layout PCBnya pakai Corel Draw , unuk ukuran dan kualitas yang lebih baik silahkan download disini 
Untuk format yang PDF bisa di download disini


Komponen aku masih pakai yang standard saja hanya beberapa resistor pakai metal film dan kapasitor wima mks terutama bagian yang dilalui sinyal. 



Power Supply buat nyoba cuman pakai trafo seadanya gulungan sendiri 2 x 24V AC, 5A. Setelah disearahkan maka tegangan DC nya menjadi  1,414 x 24 = 35V DC dual rail. Tegangan minimum untuk power ini +/-24V DC, dan maksimal +/-56V DC. Dengan tegangan +/- 35V DC maka power akan menghasilkan daya kurang lebih 45W untuk 8 ohm.
Tes pakai speaker AK61P buatan sendiri juga, hasilnya...memang bener2 recomended power ini untuk dirakit. Suara low,mid,high sangat transparant dan seimbang, paling suka sama bassnya, bulat dan tight banget. Buat nyetel music dengan beat kenceng bassnya gak keteteran.
Sayang cuman bikin mono jadi gak bisa ngerasain efek stereonya gimana. Lain waktu bikin yang stereo.
Lumayan hasil kreasiku dah nampang di facebooknya Mr Apex sang empunya rangkaian hehehe
PCB jadi
Layout PCB depan belakang
Tata letak komponen

37 comments:

  1. Wah kayaknya recomended ya mas, boleh ga minta layout pcbnya ke maseniken@lycos.com, soalnya ga bisa buka yang diatas. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dah gw kirim ke email bro layout pcbnya, smoga lekas berdendang ax14p nya

      Delete
    2. Makasih masbro sudah saya sedot, mudah2an segera bisa nyicipin juga.

      Delete
    3. sip... lanjutkan bro, segera setrika tuh pcb, dan rasakan sensasi suaranya,,,heheheheh

      Delete
  2. ha..emang dah siap2 mo setrika nih, cuman kesulitan cr tr blom lengkap, trus masbro untuk lilitan 4 UH susah carinya, klo lilit sendiri diameter lilitan, email dan jumlah lilitan brapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. diameter kawat 1,2mm
      diameter coil 10mm
      jumlah gulungan 12
      gak dikasih juga gpp kok

      Delete
    2. sip terengkiu..klo ga dikasih lilitan brati ga pake protek donk, ntar tunggu klo emang cari relay yg kaki 6 ga dapet ya udah ga pake sp protek.

      Delete
    3. lilitan fungsinya untuk melindungi power amp dari beban capasitif yg bisa saja impedansinya pada high frequensi ( rentang audio) lebih kecil dari kemampuan power amp ( makin kecil impedansi makin berat beban si power amp ). Kalau seumpama gak dipasang protector tetap bekerja kok. Relay bisa ganti yang model lain nanti disambung aja pakai kabel, itu aku cuman desain pakai relay yang ada aja bekas timer Omron.

      Delete
  3. PCB 2 kanal, tc 2 kanal, psu udah siap, komponen udah lengkap..mo nyolder masih blom sempat. Brow itu lilitan klo diganti pake yang fixed induktor (model kayak resistor) nilai 4,7 uH bisa ga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wattnya nyampe gak bro, takutnya wattnya kecil

      Delete
  4. Wah itu yang ga tau brapa wattnya untuk induktor model gitu. Iya juga ya, klo terlalu kecil malah bisa jeblug. Masih blom smpat nyolder nih bro.

    ReplyDelete
  5. mas boleh minta file pcb yg versi pdf ke hsym77@gmail.com kalau tak keberatan, & ada setingan lainnya nggak yaaaa, makasiy

    ReplyDelete
    Replies
    1. check inbox gan, thanks dah mampir ke blog ane

      Delete
    2. Mas bro akhirnya ax berddendang juga, meskipun dengan part generik masih ok. Tapi ada masalah, delay time protectornya agak lama, dan juga bunyi pletoknya pas di off cukup kenceng. Kira2 C mana yg perlu disesuikan (ganti brapa). Trus juga saya kasih tc apex ml3, ternyata noisenya lumayan tinggi.

      Delete
    3. coba ganti pakai resistornya metal film, jangan karbon. Power pakai transistor kelemahan di noisenya tinggi. ML3 enak gak suaranya, aku belum nyobain. Delay hanya untuk menunda waktu On saja, untuk Off harusnya tambah rangkaian AC detector sehingga cepat memutus speaker jika suplly dimatikan.

      Delete
    4. iya juga ntar klo ada kesempatan ganti yang metal film. ML3 suaranya kenceng doang, ga enak dan noise tinggi. Rencana mo upgrade komponen, tp masih susah nyari komponen audio grade. kira2 ax ini di upgrade gimn mas bro? apa ada piliahn lain selain apex untuk home audio yg lebih baik

      Delete
    5. kalau untuk home audio aku masih suka pakai IC, jika mengutamakan sisi musikalitas dan detil coba LM1875, tapi bagi penyuka bass kurang cocok, bassnya lemah. kalau pengen kalau yang ada bassnya ya TDA7294 kalau perlu di jembatan, trafo yang mumpuni.

      Delete
  6. gan PSU nya berapa gan?
    ada Lay-out PCb nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai +/- 56 V , 5A murni buat hasil yang maksimal, untuk pcb search di google aja gan banyak kok model2nya

      Delete
  7. ijin sedot Layoutnya masbro...
    tenkiyu....

    ReplyDelete
  8. mas, kalo di layuot, sinyal input koq deket sama output,,, itu pengaruh sama kualitas suara ndak??? misalnya dengung atau suara hmmmm...???

    trus PSUnya 5A idealnya untuk mono atau stereo???

    Makasihh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada dengung, dengung biasanya dari grounding yang gak sempurna. Kalau 5A apalagi abal abal lebih baik buat mono

      Delete
  9. artikel sangat bagus ,maju terus.....''''

    ReplyDelete
  10. mas, kalo relay adanya yg 30v apa yg harus dirubah?

    ReplyDelete
  11. ganti resistor 680 ohm/2W dengan 560Ohm/2Watt

    ReplyDelete
  12. Mas.mhon bantuanya,gmn cara tranfer layout ke pcbnya..newbe

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca disini gan http://widypedia.blogspot.com/2012/07/buat-pcb-sendiri-dengan-metode-transfer.html

      Delete
  13. kalau powernya diganti sama mosfet IRFP 240 dan IRFP240 lebih oke dan ga perlu transistor driver 2sa1837 dan 2sc4793

    ReplyDelete
  14. Saya Hendrik dr klaten

    Saya kemarin sudah cba pasang tapi kok berdengung terus apanya itu...ya..
    ??? :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ground input gabung dulu sama ground trafo/speaker

      Delete
  15. Coba gabungin ground input sama ground speaker/PSU...

    ReplyDelete
  16. Aku dah bikin dapet layout dari google tak kasih tr final 1 kanal 2 pasang tanpa protector suara mantab sangat flat .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan suaranya ajib, lagi pengen bikin yang stereo nih gw

      Delete
  17. gan minta layout tataletak.
    mo ikutan nyoba si apex ini.
    kirim:hadicoban@gmail.com
    sangat berharap.trm ksh.

    ReplyDelete
  18. wah pingin nyoba tuh tlng dong kitim layout pcb dan komponen yg dipakai apa sj tlng krm ke email parakesatriaku@gmail.com atas bantuannya trm ksh

    ReplyDelete
  19. Ter boleh minta filenya, link yg di atas tidak bisa dibuka. Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete