04 November 2012

Nonton MotoGP Sepang 2012 #day 2

Jam sudah menunjukkan pukul 4.30 pagi waktu KL. Mata masih ngantuk kurang tidur, keluar dari Food Garden liat ke halte bus ternyata dah banyak bus yang beroperasi. Langsung aja naik AeroBus menuju KL Sentral. Kebetulan tempat duduk tersisa tinggal paling belakang. Belum juga 15 menit bus jalan dah langsung terlelap tidur. Walaupun dijalan tubuh terguncang-guncang karena duduk paling belakang tetep aja molor jalan teruss....
Bangun2 dah nyampe di KL Sentral, gak ada satu jam perjalanan kalau pas pagi hari. Jam 5.30 KL sentral belum ada aktivitas, toko2 masih pada tutup. Cuci muka dulu sambil nunggu LRT yang mulai beroperasi jam 6. Nyari colokan buat ngecharge hape dan gadget lainnya di lantai 2. 
Di pojokan ada vending machine minuman yang di Indonesia masih sangat jarang. Terdorong rasa penasaran dan pengen tahu gimana cara belinya akhirnya nyoba juga deh beli minuman di vending mesin. Gw amati dulu mesinnya dan baca petunjuk pemakaiannya. Harga semua minuman rata 1 RM, baik itu minuman kaleng seperti Pepsi, 7up, dll, maupun air mineral 600ml. Kaget juga ngeliat harga minuman di vending mesin, minuman kaleng kalau di mini market harganya bisa 2 ringgit lebih, disini cuman 1RM. Cara belinya mudah banget ternyata, tinggal masukin uang 1RM terus pencet kode angka/huruf posisi minuman yang kita inginkan. Secara otomatis mesin akan mengambil minuman yang kita inginkan dan menaruhnya di bin, tinggal ambil deh...

Masjid Jamek
Jam 6 LRT mulai beroperasi, dan KL Sentral dah mulai ada kehiupan. Next destination ke Masjid Jamek buat sholat Subuh. Clingukan di counter tiket kok masih tutup semua, ternyata sekarang dah pakai vending machine juga buat beli tiketnya, keren... padahal tahun kemarin kesini masih manual belinya. Cara belinya juga mudah, tinggal pencet stasiun tujuan dan jumlah penumpang, mesin akan mengkalkulasi harga tiket yang harus dibayar. Tinggal masukin uang sesuai dengan jumlah yang tertera baik itu pakai uang koin maupun kertas, gw gak tahu kalau uangnya lebih dari jumlah harganya gimana proses pengembaliannya, belum nyobain soalnya takut gak balik tuh duit wkwkwkwkwk. Setelah pas jumlah uangnya maka mesin akan mengeluarkan coin buat tiket masuk ke peron kereta. Tinggal tap koin kita di pintu masuk ke peron dan pintu akan terbuka otomatis, hehehhehe jadi berasa dari kampung bener disini. 
Gak ada 5 menit kereta datang, masih sepi banget. Perjalanan juga cuman 5 menitan, cuman 2 stasiun dari KL Sentral. Masjid Jamek berada pas di pintu keluar/masuk stasiun. Kirain masjidnya itu gedhe, eh ternyata ama mesjid di kampung aja kalah gedhe hehehe. Cuman karena dia bangunan kuno dan sudah menjadi salah satu ikon wisata makanya begitu terkenal.


Sholat subuh terus nongkrong dulu di serambi masjid sambil istirahat. Tak jauh dariku ada bapak2 yang sedang sarapan nasi bungkus di emperan masjid. Selang beberapa saat aku liat dia cuci tangan terus pergi, eh gak taunya hapenya ketinggalan di bekas tempat dia duduk. Langsung aja kukejar bapak tadi sampai di pintu masuk masjid buat ngembaliin henponnya, dia sangat berterima kasih banget.

Merdeka Square
Dari Masjid Jamek keluar arah kiri, mampir dulu di warung dekat situ buat sarapan beli nasi lauknya macem2 sampai piring penuh, masih nambah lagi camilan, dan segelas teh tarik, kenyang...nyang..nyang..
Lanjut jalan ke Merdeka Square / Dataran Merdeka, tempatnya gak jauh dari masjid Jamek. Ke kiri jalan terus sampai nemu lampu merah, belok kiri dan ketemu deh lapangan segedhe gaban, nah itulah Merdeka Square. Di depannya ada bangunan cukup megah Istana Sultan Abdul Samad.


Katanya sih kalau pas HUT Malaysia disini meriah banget, dan banyak acara. Karena ini pas hari biasa, pagi hari pula, yang ada cuman petugas kebersihan, dan tukang taman, hehehehe.
Bersih sekali lapangan disini, rumputnya juga hijau dan rapi, bener2 terawat padahal di area terbuka. Gw mau nginjek rumputnya aja segen.


Setelah mengabadikan foto narsis disini, lanjut ke hotel mau check in. Oh iya FYI Hotel China Town tempat kami menginap check in paling awal jam 7 pagi, dan check out paling akhir jam 2 siang, beda kan ama hotel2 lainnya, jamnya juga lebih panjang. Maka dari itu gw serombongan nginepnya pilih ini lagi cuma kalau tahun kemarin China Town Inn 1 sekarang yang China Town Inn 2, lokasi sama2 jalan Petaling cuma selisih beberapa bangunan saja. Ini bukan promo loh, hanya sekedar review saja.
Dari Merdeka Square balik lagi ke LRT Masjid Jamek, bini ama mbak Ai dah gak kuat jalan akhirnya pilih naik kereta saja, padahal kalau liat peta cukup deket China Town ama Masjid Jamek.
Tak disangka tak dinyana, ketepatan pas jam masuk kerja, busyet dah rame banget di stasiun keretanya, kayak antri Busway di Harmoni, cuman disini kereta tiap 5 menit datang dan pergi, jadi cepet juga terangkutnya penumpang, sekali lagi salut ama macro trasportation di sini. Masjid Jamek ke Pasar Seni cuman bersebelahan stasiunnya.

suasana Stasiun LRT di jam berangkat kerja

Dari Stasiun Pasar seni jalan melewati kawasan China Town menuju hotel. Check in dan bayar deposit 20RM yang bisa kita ambil lagi waktu kita check out nanti. Dikasih kunci kamar dan langsung deh ke lantai 4. Kami sewa kamar Superior room dengan dua tempat tidur jadi sekamar bisa bertiga, lumayan biaya hotel jadi lebih murah. Kamarnya lebih luas daripada yang di China Town Inn 1, dan ACnya juga dingin banget. Ketemu kasur rasanya nikmat banget, tapi gak bisa lama2an nyantai. Mandi air hangat cukup memulihkan stamina yang terkuras, langsung cabut ke Puduraya buat pesen tiket bus ke Genting besok pagi.

Terminal Puduraya
Dari Petaling jalan kaki saja ke arah kanan paling 5 menit juga dah nyampe Terminal Puduraya. Karena baru pertama kali kesana sempet nyasar kelewatan terminalnya. Dalam bayanganku terminal itu banyak bus ngetem, kumuh , asap hitam kendaraan, calo2, preman2, but semua itu gak berlaku disini. Terminalnya kayak mall... maka dari itu kita gak mengira kalau itu terminal dikiranya itu mall atau trade center.

Pintu masuk Terminal Puduraya

Masuk ke dalam terminal banyak orang yang nanya2 mau kemana, tapi sekali lagi itu bukan calo, mereka adalah crew bus yang menawarkan jasa perjalanan dari armadanya masing2. Kalau ditanya jawab saja tujuan kita, nanti malah akan dikasih tahu lokasi beli tiketnya. Loket bus ke Genting ada di Counter no. KT-27, level 1. Untuk informasi mengenai bus Express Genting bisa dilihat disini atau disini.

Counter tiket di Puduraya, kayak counter di bioskop ya...

FYI : kalau mau ke Genting pas weekend sebaiknya beli tiketnya jangan pas keberangkatan, pasti akan kehabisan tiket, beli sehari sebelumnya. Kemarin saja hampir kehabisan tiket tinggal keberangkatan buat jam 7.30, dan 11.00 lainnya dah habis.
Di Lantai 1 terminal banyak ruang tunggu yang menghubungkan ke basement tempat busnya mangkal, keren banget tata letaknya, ruangan juga sangat bersih dan ada live musicnya juga. Disini juga banyak kedai yang jualan souvenir, baju dan makanan, bener2 kayak sebuah mall bukan kayak terminal bus.

Pit Lane Walk Sepang
Dari Puduraya jalan lagi ke stasiun Pasar Seni, kira2 10 menitan. Lanjut naik LRT ke KL Sentral. Dari KL Sentral keluar gedung arah ke kanan lokasi Skybus yang akan mengantar ke Sirkuit Sepang.
Ternyata harga tiketnya dah naik menjadi 18RM, tahun kemarin masih 15RM. Satu jam perjalanan ke Sepang, pas nyampe disambut dengan hujan cukup lebat. Langsung lari sambil hujan-hujanan ke tribun Main Grand Stand buat lihat free practise 2 kebetulan masih tersisa beberapa menit. Selesai free practise sekitar jam 3an, kami langsung menuju pintu tunnel buat acces ke Pit Lane Walk. Lokasinya ada di dekat pintu masuk tempat pengecekan tiket Main Grand Stand. Dan untungnya nyampe sono antrian masih dikit kira2 cuman 10an orang di depan kami, Alhamdulillah..... Habis kami masuk baru deh antrian mulai panjang di belakang kami.

ngantri pi walk masih sepi
Mendung mulai kelihatan lagi dan hujan turun, tetapi semangat untuk ikut Pit Walk tidak kalah oleh turunnya hujan. Satu jam kita antri dibawah guyuran hujan, untung aja ada yang jualan jas hujan sekali pakai seharga 5RM lumayan bisa buat menutupi tubuh dari guyuran hujan. Jam 4 sore pintu tunnel dibuka, eitssss tunggu dulu, yang dipersilahkan masuk pertama kali adalah tamu undangan istimewa yaitu ratusan anak2 sekolah, nunggu lagi deh sekitar 15 menitan. Akhirnya bisa masuk juga ke tunnel menuju Paddock team motoGP. Keluar dari tunnel rasanya seolah gak percaya, bisa melihat paddock team dari jarak 10 meteran, melihat motor2 prototype, crew mekanik, tapi sayang pembalapnya pada ngumpet, karena gerimis kali jadi mereka males keluar. Satu2nya pembalap yang ketemu cuman Zulfahmi, pembalap lokal Malaysia yang berlaga di Moto3. Sempet ngelihat Lorenzo, tapi pas mau kita samperin dia dah masuk ke belakang garasi huuufftt. Tapi overall seru bisa berada di area Pit MotoGP, sebuah pengalaman yang tak terlupakan.

bini ane foto ama Zulfahmi, rider lokal Malaysia di Moto3
Tuh Lorenzonya dah ngacir duluan, huuffttt
And this my most favorite team
Burgess dan Briggs lagi set up motornya Rossi
safety car ,,kereeennn...
berasa di podium juara aja nih..hehehehe

Jam 5 petugas dah membunyikan peluit tandanya Pit Walk dah habis waktunya, kita digiring untuk keluar dari area Pit. Melewati tunnel lagi dan keluar di area Main Grand Stand, pas kebetulan ada yang bagi roti gratis, lumayan jangan sia-siakan rejeki kata petugasnya, hehehehe, kebetulan belum makan siang nih.

Menara Kembar Petornas di waktu malam dan bus GoKL
Setelah sholat kita turun ke parkiran bus, di dalam bus ketemu dengan Om Novan salah satu teman di Kaskus Racing yang ikut ke Sepang, ternyata dia juga berhasil masuk ke Pit walau antrian agak belakang.

Twin tower waktu malam, awesome
Bus terakhir dari Sepang tinggal yang ke KLCC, di dalam bus langsung terlelap. bangun2 dah lihat menara kembar Petronas yang berdiri gagah dengan nyala lampunya, keren banget Twin Tower di malam hari. turun sebentar ke Twin Tower untuk foto-foto narsis.
Sayang cuaca gak bersahabat gerimis mulai turun, akhirnya kita balik ke hotel dan nyobain naik bus gratisan di Kuala Lumpur GoKL yang mulai diluncurkan awal tahun kemarin. Nyaman busnya, ber AC dan ada juga tempat duduk khusus untuk orang kurang upaya. Cuman agak gedheg ama sopir busnya, pas gw nanya apa ini lewat Pasar Seni, sama sekali dia gak mau jawab dan dengan isyarat tangan menyuruh gw pergi darinya. Ehm mungkin profesionalisme bekerja pikirku, dia fokus buat nyetir bus. Selang beberapa saat ada lagi orang yang nanya ke sopir tersebut dan lagi2 dia diam membisu, bahkan sampai ditowel beberapa kali dan tak bergeming sedikitpun. Owh berarti emang sotoy bener tuh sopir, atau jangan2 dia bisu, tau ah gelap......
Turun di halte Kota Raya depan jalan Petaling dan langsung menuju hotel, mandi air hangat dan tidur pulas dengan membawa berbagai pengalaman baru dihidupku.

Next, pusing-pusing di hari ketiga.

2 comments:

  1. Gan maaf aq mw tnya, pas bs masuk pit and bs liat paddock apa harus pas sesi prepractice aj? Sebelum live race bisa nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya pas hari jumat free practice aja, kecuali kamu punya vip acces bisa masuk ke paddock sesuk hati kapan aja , heheheehehe

      Delete