07 August 2012

Cat Sendiri Body Motor Supra X


Awalnya sih pengen melepas scotchlite hitam yang menutup body Supra X ku, karena sudah kusam dan banyak baret, dan pengen balik lagi pakai striping aslinya. Eh gak tahunya setelah dilepas malah ada cat yang ikut terkelupas, mungkin karena dah kelamaan kali scotchlitenya nempel ke body, maklum dah 7 tahun hehehehe, dan alhasil belang - belang deh tuh body.

Akhirnya terpikirlah untuk ngecat ulang  tuh body. Bermodal pengetahuan minim tentang dunia pengecatan, tanya sana-sini, dan browsing di internet, kuputuskan untuk mengecat menggunakan semprotan obat nyamuk. Langsung pergi ke Supermarket beli semprotan obat nyamuk buat spraynya, gw pilih yang merk Hit karena bahannya terbuat dari plastik sehingga tahan karat dan harganya juga cuman 10ribu. Untuk catnya sendiri cuma minta dari sisa temanku, gak cuma minim pengalaman tetapi juga minim modal , heheheheh.

Pertama kelupas semua dulu stripingnya caranya lihat disini . Setelah terkelupas semua, amplas body motor dengan amplas ukuran 500-800 yang waterproof (amplas kain), pengamplasan dibantu dengan  guyuran air atau istilahnya wet sanding. Tujuan dari pengamplasan ini untuk menghilangkan lapisan clear coat agar cat baru bisa menempel, selain itu juga untuk membersihkan dan meratakan body motor. Setelah itu amplas lagi dengan amplas ukuran 1000 untuk menghaluskan permukaan, cek lagi jangan sampai ada sisa lem stiker yang menempel. Lalu cuci dengan sabun cuci piring dan keringkan di bawah sinar matahari sampai benar2 kering, jangan ada setetes airpun.


Setelah kering lap body dengan kain halus/kaos untuk menghilangkan debu yang menempel. Saatnya untuk memberi cat dasar aku pakai Epoxy Nippe 2000 yang dicampur hardener dan tiner pakai merk Impala (semua cuma minta bekas teman wkwkwk). Untuk campuran epoxy, tiner, hardener cuman pakai ilmu kira2, aku bikin campuran sebanyak satu botol Aqua kecil 330ml, sepertiga botolnya epoxy, tambah tiner sampai mendekati penuh, dan tambah hardener 3 sendok makan. Semprot tipis saja dulu kayak kulit jeruk lalu jemur dibawah sinar matahari (aku sih gak sampai kering banget kira2 setengah jam) lalu amplas 1000, tipis saja mengamplasnya yang penting permukaan halus setelah itu lap dengan kaos, dan semprot lagi sampai 3 kali proses.


Untuk cat warnanya aku pakai cat hitam yang lagi-lagi minta dari teman, lupa merknya. Campuran seperti epoxy cuma gak pakai hardener. Cat tipis dulu, keringkan lalu amplas 1000. Ini juga 3 kali proses sampai body tertutup cat semua.

Jarak nyemprot variatif antara 15 - 30cm

Hasilnya emang gak bisa halus seperti pakai spray gun + kompressor, bintik-bintik catnya besar-besar, tapi untuk amatiran enak pakai semprotan obat nyamuk, bisa rata catnya dan gak ada yang beleber, karena keluar catnya sedikit-sedikit. Buat seorang amatiran yang baru kali ini ngecat cukup puas dengan hasilnya.

Hasil cat belum dilapisi clear coat

Terakhir finishing pakai lapisan clear coat. Kali ini harus modal sendiri, cause temenku juga lagi keabisan vernis clear. Akhirnya keliling disekitaran komplek, semua toko bangunan yang ada jualan catnya aku tanyain dan jawabannya gak punya semua, mereka cuma nawarin pake cat semprot kalengan. Sebenarnya agak ragu juga mau pake cat semprot, takutnya malah ngangkat cat sebelumnya, setelah browsing2 dulu, baru tahu kalau cat semprot basisnya juga NC (Nitro Cellulose), sama seperti cat sebelumnya yang aku pakai. Langsung balik lagi ke toko cat dan beli satu kaleng cat semprot merk Propan seharga 18ribu.
Sampai rumah langsung amplas semua body dengan amplas 1000 metode wet sanding. Selesai langsung hajar dengan clear tipis2 aja dulu, keringkan dan amplas lagi. Semprot lagi untuk yang kedua kali, pas kelar semua pas habis tuh clearnya.
Seharian keringkan sampai kering total (dipegang gak bekas sidik jari) lalu kasih kompon halus, beri lagi Kit Wax, dan terakhir olesin Kit silicon, wow kinclong man, dan licin kaya pahanya artis Ibukota, wkwkwkwkw.

Sesudah di lapisi clear coat

Pasangnya besok aja masih mau ngecat velgnya sekalian, kayaknya bagus tuh ngecat velg pake semprotan obat nyamuk soalnya bisa motif kulit jeruk (bintik kasar).



15 comments:

  1. bermanfaat banget nih infonya, kalo tips merawat jaket motor ada ga ??

    ReplyDelete
  2. terimakasih, bermanfaat nih, bisa buat mengecat sparepart yang kecil kecil,tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan dari pada ngecatin ke orang lebih baik Do It Yourself lebih puas heheheh

      Delete
  3. tpi klo pke semprotan obat nyamuk cat nya gak meler kan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. minim sekali melernya, aku aja amatir di dalam urusan semprot menyemprot, minim meler, cuma emang hasil gak bisa sehalus kalau pakai spray gun. Kalau pakai semprotan obat nyamuk agak tekstur kasar

      Delete
  4. cocok sekali infonya, aq lagi mikir2 apa bisa ngecat motor pake spray obat nyamuk, ternyata dah ada yg praktek, siip

    ReplyDelete
  5. Aku malah sering dlu bantuin bapakku ngcak bak mobil truck-nya pake semprotan nyamuk itu :D

    ReplyDelete
  6. gan itu sesudah di clear bisa mulus kaya hasil ori cat pabrik ga mulusnya

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. macem2 bro tergantung merk, aku juga cuma dikasih temen hehehe

      Delete
  8. Bro gimana kalau lubang untuk keluarnya cat diperkecil (lubang di tempat semprotan serangga)
    lalu cat nya sedikit diencerkan ?
    maksudnya supaya hasilnya lebih halus

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah malah belum coba tuh bro, mungkin sama saja soalnya yang bikin ngaruh halus enggaknya menurutku tuh tekanan anginnya CMIIW

      Delete
  9. Gan tapi pas hasil akhir nya masih ada bintik" besar ngga ?

    ReplyDelete
  10. Hemm...
    mau tanya gan...
    mungkin kalau tekanan angin kurang, kita bisa menekan hadle semprotan lebih keras (tapi konsisten, spy bintiknya rata),

    kalau untuk cat body mobil bisa ga gan ?

    ReplyDelete