05 August 2012

Melepas Striping Motor Supra X ku


Stripping motor Honda memang terkenal bandel untuk dilepas, beda dengan stiker motor lain yang mudah untuk dilepas. Karena ada niatan untuk cat ulang body Supra X ku, maka mau gak mau stripingnya harus dilepas dahulu, gak lucu kan cat baru tapi striping lama.

Pertama mencoba buka striping susah banget baru sedikit tarik langsung putus, setelah browsing sana sini ternyata ada tipsnya kalau mau melepas striping. Yang pertama siapin korek api, lalu bakar/ panasi striping dengan korek api ke kanan dan kekiri, kira-kira berjarak 5 cm. Lama pemanasan 5-10 detik, jangan kelamaan karena yang ada ntar malah korek gasnya yang meleleh karena kepanasan.


Setelah dirasa cukup langsung tarik selagi masih panas/hangat, maka stiker akan terkelupas dengan mudahnya, tapi lem stiker berwarna abu-abu memang tetap melekat di body nanti bisa kita hilangkan.


Ulangi lagi pemanasan stiker sampai semua stiker pada body terkelupas habis, yang penting sabar dan jangan bernafsu pingin cepat kelar, sedikit-sedikit saja.


Jika semua sudah terkelupas saatnya membersihkan sisa lem yang masih menempel di body motor. Caranya oleskan bensin di lem stiker pada body menggunakan jari sampai lem basah dan tunggu sebentar. Lalu celupkan jari ke bensin dan gosokkan pada lem stiker, maka lem akan dengan mudah terkelupas. Sebisa mungkin memakai jari saja dalam menggosok agar body tidak tergores.


Langsung bersihkan sisa lem yang terkelupas dengan kain lap yang dibasahi sedikit bensin, karena kalau tidak segera dibersihkan akan cepat mengering dan nanti menempel lagi dibody. Ulangi terus langkah penggosokan tersebut sampai lem benar2 bersih, intinya pada waktu menggosok jari harus dalam keadaan basah agar mudah terkelupas lemnya.
Jika semua lem sudah terkelupas tinggal bersihkan body pakai kompon atau Kit Wax, lalu dikasih Kit silicon, dan body motor akan mengkilat lagi.


3 comments:

  1. Mau tak coba ngelupas striping absolut revo ku neh, mudah2an bisa jadi polos kayak PCX. Heheheee....

    ReplyDelete
  2. Makasih banyak mas infonya.. lengkap disertai gambar :D hehe

    ReplyDelete
  3. Mas, saya make bensin kok cat nya ikut ke angkat ya.. Trus solusinya gimana? Mksh

    ReplyDelete