25 December 2011

Memperbaiki Shockbreaker Depan Motor Supra X 100cc


Sudah sebulan ini shockbreaker depan motorku masalah. Kalau kena polisi tidur atau lobang dijalan serasa naik gerobak, tapi kalau dicek sama sekali gak ada kebocoran oli dari tabung. Pas kebetulan libur jadi buat kegiatan mengisi liburan gue bongkar aja tuh shockbreaker. Emang sih aturannya 15.000 km harus ganti oli.
Peralatan dan spare part yang perlu disiapin :
  1. Kunci pas/ring/shock 8mm, 14mm, 17mm
  2. Obeng + dan -
  3. Kunci  bintang T40
  4. Kunci L6 mm
  5. Oli untuk shockbreaker (merk jumbo, showa, dll) / oli SAE 10
  6. Oil Seal ukuran 26x37x10,5
Oli shock bisa pakai yang orisinilnya merk Showa harga sekitar 15.000 sekaleng, atau pakai merk jumbo harga variasi beda tiap toko antara 6.000 - 10.000 satu dus (ada dua botol), kalau aku sih pakai oli hidrolik (kebetulan di pabrik banyak), selain gratis juga kayakya lebih awet. Seal nya kalau orisinil AHM harga sekitar 40ribu sepasang, kalau yang abal-abal 13ribu sepasang. Nah buat ngakalin pakai aja sealnya punya Yamaha Force1, kalau gak salah inget harganya 25ribu sepasang.Ukurannya sama persis buat Supra X, harga miring dapet orisinil heheheheh.


Langkah pertama lepas roda, spakbor, dan rumah piston rem. Buka baut 14mm untuk melepas kedua shockbreaker. Untuk membongkar shockbreaker, tekan penutup shock bagian atas dan lepas/congkel ring penguncinya.


Keluarkan per dari dalam tabung dan buang oli di dalam tabung shockbreaker. Kocok-kocok as shockbreaker agar oli keluar semua. Biasanya kalau sudah lama gak diganti oli akan kental dan berwarna hitam seperti lumpur, dan baunya gak enak banget.


Untuk melepas tabung shock dalam, buka baut L pada bagian bawah tabung shock luar dengan menggunakan kunci L6mm. Tarik keluar tabung shock dalam, maka akan keluar beserta dengan damper rod dan rebound springnya. Cek kondisinya harus mulus tidak boleh ada yang cacat atau tergores, jika sudah cacat atau tergores harus ganti karena oli akan bocor terus melalui goresan pada batang pipa tersebut.

Bagian-bagian shockbreaker setelah diperetelin

Jika seal oli sudah bocor maka harus diganti, ciri seal oli bocor yaitu pada bagian pipa shock dalam (yang mengkilap) basah terkena oli.
Untuk melepas seal oli yang pertama lepas dulu seal debu, lalu lepas ring pengunci seal oli dan lepas sealnya dengan cara mencongkel menggunakan obeng minus dengan diberi tatakan kain tebal pada pinggir tabung shock agar tidak cacat.


Pasang seal oli yang baru, masukkan pelan-pelan dan rata jangan sampai miring. Agar bisa rata waktu memasukkan ke tabung beri alas untuk memukul yang diameternya hampir sama dan bisa masuk ke tabung shockbreaker ( pakai bearing bekas roda depan pas banget ).

Pasang seal oli lalu taruh bearing roda bekas diatasnya baru diketok pakai palu agar seal bisa masuk secara rata

Pasang ring pengunci, dan seal debu, lalu pasang tabung shock dalam beserta damper dan rebound spring, lalu kunci dengan baut pengikatnya (baut L6mm)
Isi shockbreaker dengan oli khusus shockbreaker (showa,jumbo) atau oli SAE 10 masing-masing tabung sebesar 64ml (biasanya aku pakai suntikan yang ada ukurannya untuk menakar jumlah oli).
Kalau mau memakai oli yang merk jumbo (satu kemasan ada 2 botol) isi masing-masing botol ke masing-masing tabung shockbreaker, dengan takaran kira-kira 2/3 oli dimasukkan ke tabung shock sehingga sisa 1/3 oli saja.


Masukkan per ke masing-masing tabung dengan posisi ulir renggang di bawah dan ulir yang rapat di atas.
Lalu pasang tutup shockbreaker atas dan juga ring penguncinya, agar mudah memasangnya pasang dulu kedua shock di motor dan kencangkan baut penguncinya , lalu masukkan tutup shock sambil ditekan menggunakan obeng dan tangan kanan, pasang penguncinya dengan tangan kiri dan tekan sampai masuk ke alur kuncinya (bunyi klik). Pasang roda, rem dan spakbor, dan shockbreaker depan tes motor di jalan bergelombang, supra X ku mentul-mentul lagi deh......

isi oli shock berbagai macam motor Honda
 
1. Grand/Impressa 52 ml
2. Supra X/Fit 64 ml
3. Supra 125/Fit S/X 72 ml
4. Revo 72 ml
5. Karisma 68 ml
6. Kirana 70 ml
7. Vario 75 ml
8. GL 100/125 80 ml
9. Win 81 ml
10.GL Pro/Max 157 ml
11.Mega Pro 163 ml
1.Tiger 126 ml
13.New Tiger 135 ml
14.Mega Pro = 159 ml
15.New Mega Pro = 163 ml
16.CS-1 = 54,5 ml
17.Beat = 76 ml
18.Blade = 65,5 ml
19.New Revo 110 = 65,5 ml

87 comments:

  1. Gan untuk buka atau pasang baut L yang dibawah katanya harus pakai kunci L disambung/las dengan besi yang lebih panjang dari tabung shock buat nahan yang didalam, betul atau tidak ya... mau bongkar nih, tatut bisa bongkar ga bisa pasang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau supra x 100 gak perlu kunc L panjang, karena piston dalam tidak ada kuncinya, kuncinya cuman baut L6 mm dibawah, cara nahan waktu ngelepas sama pas masang dengan menahan dan menarik pipa innernya gitu doang.

      Delete
    2. Apakah supra fit lama jg tdk perlu kunci L yg dilas besi panjang??

      Delete
  2. terima kasih infonya om, mantep kayanya saya bisa ngerjain sendiri nih. salut

    ReplyDelete
  3. Mau tanya masbro...kalo ganti seal shock dean punya vixion sama juga ga seperti proses diatas,,,soalnya ngelepasnya apa didalam tabung snock dalam ada baut penahan lagi....ato tinggal dibuka baut l bagoan bawah luar aja...thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau motor "laki" kayaknya ada baut penahan di dalam tabung, jadi harus pakai kunci panjang buat nahan waktu ngendorin baut bawahnya

      Delete
  4. siip.. thnks gan.. infony berguna bgt..

    ReplyDelete
  5. makasi gan,
    ane mw coba nih,
    udah 1 bulan skok revo ane glodak glodok, kalo kena lubang d jalan,.

    ReplyDelete
  6. bgaimana kalo mw mendekin shokbreker tsb., tanpa nurunin segi2 ato tanpa ngurangin takaran oli yg standar rekomendasi pabrik..??
    apakah ada bag komponen yg musti dibubut ato sbaliknya..!?
    trims bro sbelum nya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja bro, caranya gak perlu dibubut, tinggal kikir saja pipa yang mengkilat dengan kedalaman seperti alur yang telah ada (fungsinya buat alur baut pengunci shock yang 14mm itu) yang dikikir satu posisi saja gak perlu melingkar seperti aslinya, nanti pas masang nah alur itu dipasin di baut pengunci.
      Posisi ngikirnya sekitar 1 atau 2 cm dibawah alur aslinya, maka motor ente shocknya dah turun 1-2cm, jangan melebihi 2 cm ya karena bakalan mentok nanti tubenya dan shock gak akan bekerja optimal. Lihat di gambar 1, itu shock ane juga dah ane turunin sekitar 1 cm (liat alur asli melingkar ada di atas segitiga) kalau ente nurunin 2 cm mungkin nanti ujungnya akan nongol dan mentok ke spakbor, solusinya ganti pakai spakbor MX atau dilubangin aja spakbor aslinya

      Delete
  7. Gan, Ijin Copas di Blog ane (Ane Pasang Link Agan) Pengalaman Buruk betulin Shock Depan dengan Bengkel Cina kena 150 ribu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan, kalo per dalam supra x 100 diganti dengan punya kharisma kependek'an gk?

      Delete
  8. bang pasang sil nya atas bawah sama apa ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda bro, masangnya yang ada tulisan/seri angka di posisi atas. Jangan sampai kebalik ya posisinya, kalau kebalik seal tidak bekerja optimal, malah lebih parah oli bisa ngocor.

      Delete
  9. gan...mau nanyak kalo shock breakernya udah di buat ceper dan pengunci tutup tabung bagian atasny tdk ada gmana cra ngelepas tutupny gan??tlong dibntu ya

    ReplyDelete
  10. bang, sokbeker belakang honda revo bisa ga dipasang di honda supra 100cc.

    tolong infonya thx

    ReplyDelete
  11. bisa,.. tapi agak pendek supra 100ccnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal,saya mau tanya masbro ,bisa ga shockbreaker vixion lama di pake kan ke shockbreaker vixion new..

      thanks..

      Delete
  12. kl AS nya udh baret ap msih bs di perbaikin at hruz ganti>>>>>????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau baret cuma halus/tipis dan tidak mengakibatkan oli keluar antara tabung dan seal gak masalah bro, kalau baretnya dalam/kasar, olie pasti akan merembes melalui alur yg baret tadi, jadi harus diganti karena tidak bisa diperbaiki. Lihat aja dulu sehabis dipakai apakah pipa basah kena oli kalau basah berarti harus ganti

      Delete
  13. bos masak oli dah dimasukkan 3/4 botol kok masih sisa 1/3? yg bener 3/4 sisa cm 1/4 lho he..he.. ato dimasukkan 2/3 sisa sisa 1/3 yg mana yg bener bos mohon pencerahan trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ups sorry, yang bener 2/3 bro,,, thanks koreksinya

      Delete
  14. Kl bwt Grand sami mawon kah?..thx pisan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya sama, yang beda isinya, oli buat grand cuma 52ml bro
      Ini data volume oli buat motor Honda
      1. Grand/Impressa 52 ml
      2. Supra X/Fit 64 ml
      3. Supra 125/Fit S/X 72 ml
      4. Revo 72 ml
      5. Karisma 68 ml
      6. Kirana 70 ml
      7. Vario 75 ml
      8. GL 100/125 80 ml
      9. Win 81 ml
      10.GL Pro/Max 157 ml
      11.Mega Pro 163 ml
      1.Tiger 126 ml
      13.New Tiger 135 ml
      14.Mega Pro = 159 ml
      15.New Mega Pro = 163 ml
      16.CS-1 = 54,5 ml
      17.Beat = 76 ml
      18.Blade = 65,5 ml
      19.New Revo 110 = 65,5 ml

      Delete
  15. Kalo sok supra x 125 apakah sama bang proses bongkar pasangnya seperti diatas ??? Mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara umum konstruksi shockbreaker sepeda motor sama, yang beda biasanya di diameter seal / as, volume oli, dan dimensi/ukuran lainnya. untuk proses bongkar pasang biasanya yang beda di tutup atas ada yang pakai drat, ada yang pakai ring/clip pengunci, sama membuka piston dalam ada yang harus ditahan kunci L10 panjang, ada yang tidak

      Delete
  16. Mau tanya gan, kalo bongkar shock dpn yamaha vega r new, sm ga kaya d atas? Makash gan

    ReplyDelete
  17. matur nuwun gan, saya nunut ngintip, solut penerangannya, bagus, apik, mantapppp

    ReplyDelete
  18. Bro mau tanya, kalo shock depan'y SX125 bs di pasang gk di SX100 ?
    Kira2 diameter'y sama gk ya ?
    Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diameter motor bebek sama semua gan 26mm, yang beda mungkin panjangnya aja

      Delete
  19. mau nanya gan klo supra fit 2006 berapa ukuran olinya?makasih

    ReplyDelete
  20. Salam kenal
    Mau tanya, agar sock depan nouvo lebih tinggi sekitar 10 cm, gmn caranya?
    Alternatif ganti as... pake motor apa? Atau
    Ganti sock ? Pk motor apa?
    Aku modif trail matic
    Thanks before!

    ReplyDelete
  21. Gan mau nanya.kalo oli nya kebanyakan efek nya apa?

    ReplyDelete
  22. Mas, itu per shocknya kan klo ga salah beda kerapatannya ya.
    Nah, yang bagian atas itu yang rapat apa yang renggang ya? Khawatir kebalik pas masukin ke tabungnya lagi

    ReplyDelete
  23. Hore....sukses, Thanks Gan !

    ReplyDelete
  24. Untuk skok depan megapro baut L bwah luar dgn yg didalam(baut penahan) sama ukurannya???pake kunci L brp mm???

    ReplyDelete
  25. Supra fit new 2006 berapa olinya

    ReplyDelete
  26. Om... aq sudah bongkar shockbreaker depan honda supra xx.. mengikuti saran om... trus pas pasang lagi, kenapa gak sama panjang shockbreakernya... kira2 kesalahannya d mana... mohon pencerahannya...terima kasih...

    ReplyDelete
  27. misi numpang nanya,om.kapasitas oli sok depan jumbo per botolnya berapa mili ya,om?saya mau ganti oli sok depan thunder soalnya.maap saya kurang nyimak postingan2 sebalumnya.mathurtengkyu

    ReplyDelete
  28. Terimakasih banyak atas tulisan ini,,, sy sangat terbantu ketika pertama memasang sok dgn posisi pegas yg rapat di atas,,, akhirnya sepeda motor supraku soknya tidak main sama sekali. Untung saya baca tulisan ini. Terimakasih pak... slm.

    ReplyDelete
  29. Tanya nig gan.untuk pnahan baut dalam tabung ukuran brapa aj.buat mua motor trmakasih

    ReplyDelete
  30. ijin share mas. ....! dan terima kasih banyak ilmunya.

    ReplyDelete
  31. bos baut M8 (L6 mm) punya ane udah dol kepalanya. kalo beli di toko ukurannya M8 yang panjang berapa? Salam dari profesorcilik.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh belum pernah ngukur gan, kurang lebih 3 cm kalau gak salah

      Delete
    2. Waduh belum pernah ngukur gan, kurang lebih 3 cm kalau gak salah

      Delete
  32. pagi pak broo , mau konsultasi nih . shock breaker depan Yamaha Fino saya kok jadi keras dan ambles . penyebabnya apa ya ? histori , pernah jatuh sekali . Tengkyu pak broo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seal bocor bisa jadi, sehingga oli di dalam berkurang atau malah dah abis

      Delete
  33. bos mau nanya nh..shock beker supra x saya kalo mellewati polisi tidur koq bunyi duk duk keras gitu yh..soalnya baru ganti as shockbeker tpi yg mitasi bukan yg ori..

    ReplyDelete
  34. apakah itu berpengaruh bosss..mohon solusinya bos..soalnya udh berkali kali ke bengkel tpi g bisa bisa..trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya gak masalah mau imitasi atau ori yg penting dimensi sama, mungkin olinya kurang jadi mentok pas lewatin poldur

      Delete
    2. sma gan motr vega ane juga kaya gitu soknya klo lewt polisi tidur bunyi ,uda di ganti as sok,per ,oli sma aja gan tetp bunyi,jadi gimana gan ada solusinya g,mohon masukannya

      Delete
    3. sma gan motr vega ane juga kaya gitu soknya klo lewt polisi tidur bunyi ,uda di ganti as sok,per ,oli sma aja gan tetp bunyi,jadi gimana gan ada solusinya g,mohon masukannya

      Delete
  35. Asslalkm,,sblmnya ane ucapin tararengkyu mas berkat postingan ini ane terbantukan,,berawal dr badget ane yg pas-Pasan di tambah lgi THR blm cair akhirnya ane memberanikan diri bongkar shock depan Vario 125 ane dgn alat alakadarnya,,hehee
    Ane cuman ganti olinya aj shrga 10rb merk jumbo,botol dot susu ank jdi korban buat takaran oli hehee ane isi sekitar 80ml alahasil lumayan bunyi jedak jeduk pas ngerem depan ilang,alhmdllh...
    Tp mas ane menyaksikan dgn mata kpla ane sendiri pas bongkar posisi per yg renggang ada di bagian atas dan yg rapet ada di bawah mas,beda dgn postingan mas di atas,,,atau mungkin beda motor beda posisi per nya X ane kga tau dh,,skli lgi trmksh postingan yg sgt mmbntu nmbh ilmu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin beda motor beda posisi banng, ane juga baru bongkar mio sama supra , belum pernah yg lain jadi beoum tahu gimana posisi pernya masing masing motor, thanks atas sharenya gan

      Delete
  36. mau tanya ini, saya punya shock tiger tapi tabung luarnya mau saya ganti pake punya GL Max bisa gak ya gan? soalnya biar dudukan slebor depan ada dibawh velg, kalau pakai tigernya dudukannya pas di atas velg jadi kalau pakai ban ukuran 400 kegesek sama dudukannya

    ReplyDelete
  37. Tabung depan/bottom shock supra X 100 bisa diganti sama tabungnya motor apa ya yg cocok bang? Udah susah nih cari tabung supra x ori AHM.

    ReplyDelete
  38. Gan kalo pake oli hidrolik itu harus di campur sama oli biasa engga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak usah , kekentalan udah sama dengan oli shock

      Delete
  39. Mantab Mas Bro...
    Jadi ngerti ane..

    ReplyDelete
  40. pagi mas bro
    saya mau tanya apa shock supra fit new ada penahan baut di dalam tabungnya?

    ReplyDelete
  41. Ukuran panjang per depan supra x125 brp ?

    ReplyDelete
  42. Gan smash punya brapa ml olinya?

    ReplyDelete
  43. gan numpang nanya,, ukuran oli standar pabrikan supra 125 ane kan 72ml, itu per tiap tabung atau 2 tabung? dan motor ane shock depan yg sebelah kanan kok sering bocor ya? udah ganti seal 2 kali dan ganti as sekali sekarang bocor lagi.... mohon pencerahan gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. oli per satu tabung 72ml gan. mungkin seal debunya rusak gan jadi debu masuk ke seal dalam dan merusak seal dalam.

      Delete
  44. Mas Browser,mau tanya nich...kalo membuka sok depan Revo,kita harus menyiapkan kunci L panjang gak...?soalnya saya cuma punya kunci L yang pendek aja ni....mohon pencerahannya..mmakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai kunci L pendek juga bisa gan kalau gak kuat kasih pipa buat sambungan kunci biar enak muternya

      Delete
  45. mas bro mau tanya, kalo saya kencengin skok dari bawah. . kok muter terus..ukuran kunci L brapa untuk tahan dalam skok ?
    klo yamaha brapa ukrnya

    ReplyDelete
  46. Mohon info nya cara masang balik tutup shok nya gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau enaknya pipa shock dicatok/ragum dulu tapi dililitin kain ya biar gak lecet. lalu masukkan penutup tekan dengan obeng memakai tangan kiri dan tang kanan memasukkan ring pengunci dibantu pakai obeng min kecil (tespen) buat nekan ring agar masuk ke alurnya

      Delete
  47. mau tanya bro kalo udah di tambahin oli udah lebih dari takarannya tapi tetep aja empuk apanya yang rusak ya bro

    ReplyDelete
  48. Gimana cara pesan sperpat kereta supra x yg ori dan dapat di pecaya

    ReplyDelete