15 July 2012

Membersihkan Komstir Supra X 100


Ciri-ciri komstir motor yang sudah rusak yaitu handling berat waktu motor dibelokkan, selain itu akan timbul bunyi gledhek-gldhek waktu motor di rem depan, hal ini biasa terjadi karena gemuk untuk pelor komstir habis sehingga pelor akan bekerja tanpa pelumasan. Alhasil pelor akan aus dan tidak menutup kemungkinan mangkok komstir juga akan aus.

Untuk membongkar komstir (aku contohkan pake Supra X ku kemarin habis bersihin komstirnya) langkah pertama bongkar cover samping, depan, headlamp dan cover belakangnya. Lepas semua kabel2 yang menempel ke stang motor (ingat2 ya posisinya agar waktu pasang lagi gak bingung).
Lepas baut pengunci antara stang dengan as komstir, pakai kunci ring 14 dan 17. Nah tinggal tarik stang motornya.


Langkah selanjutnya lepas roda depan, spakbor depan, dan shockbreakernya, jangan lupa ganjal pakai balok kayu atau apa saja motornya agar tidak jatuh.


Untuk melepas komstir buka mur atas pada as komstir, lalu buka ring mur matahari dengan cara menggetoknya berlawanan arah jarum jam, pelan2 saja getoknya agar ring tidak cacat.
Waktu melepas as komstir hati2 karena kemungkinan pelor akan jatuh bertebaran, kalau perlu kasih ember atau wadah di bawah agar pelor gak bertebaran jatuhnya.


Bersihkan pelor dan mangkok komstir dan cek fisiknya apakah masih bagus atau sudah cacat, kalau sudah cacat ganti pelor dan mangkok komstirnya.


Beri gemuk pada mangkok komstir atas dan bawah dan pasang pelor pada mangkok untuk bawah jumlahnya 29 biji dan atas 23 biji. Pasang as komstir dan pasang murnya, stel kekencangan mur agar handling ringan tapi tidak sampai oblak.


Pasang shock, spakbor, dan roda depan, lalu pasang stang dan kabel2nya. Tes lagi handling motor apakah sudah enteng dan tidak oblak, jika masih berat berarti terlalu kencang murnya. Stel lagi kekencangan mur komstir. terakhir pasang cover dan headlampnya dan motor Supra X ku siap untuk ngacir lagi di jalanan.

9 comments:

  1. ane udah coba boss lumayan bagusn lagi tapiu kayaknya com harus hanti nanti klo ada duit;l Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau com udah cacat mending ganti bro, gak enak dipakai jalan

      Delete
  2. Ane punya batangan shock depan honda win, rencananya mau ane pasang di supra 100cc ane biar seperti nova sonic. Kira2 yang harus disesuaikan apanya, ya? Atau bisa langsung pasang? Jazakullah khairan atas bantuan antum..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ane belum pernah liat batangan shock win gan, coba diukur aja diameter batang shock win sama enggak dengan punyanya supra , kalau sama ya tinggal plug n play, kalau gak sama ya harus ngakalin dudukan shock supranya, dan itu beresiko gan

      Delete
  3. Thanks Bro infonya motor ane sudah dibawa kebengkel tetapi tetap aja goyang jadi ane mau betulin sendiri male complain sama orang bengkelnya....

    ReplyDelete
  4. baut yg paling atas pada komstir bukanya pakai kunci ukuran berapa boss ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara murah pake obeng min yg kuat (khusus buat dipalu), pelan2 aja, sebelumnya semprot dgn pelumas semprot (WD).

      Cara mahal pake kunci inggris/pipa yg ukuran besar.

      Delete
    2. Ukuran murnya 32mm kak.. aku biasanya pake kunci inggris yg gede

      Delete
  5. kalau buka baut yg paling atas pada komstir pakai kunci ukuran berapa itu boosss....

    ReplyDelete