Sudah sebulan ini shockbreaker depan motorku masalah. Kalau kena polisi tidur atau lobang dijalan serasa naik gerobak, tapi kalau dicek sama sekali gak ada kebocoran oli dari tabung. Pas kebetulan libur jadi buat kegiatan mengisi liburan gue bongkar aja tuh shockbreaker. Emang sih aturannya 15.000 km harus ganti oli.
Peralatan dan spare part yang perlu disiapin :
- Kunci pas/ring/shock 8mm, 14mm, 17mm
- Obeng + dan -
- Kunci bintang T40
- Kunci L6 mm
- Oli untuk shockbreaker (merk jumbo, showa, dll) / oli SAE 10
- Oil Seal ukuran 26x37x10,5
Oli shock bisa pakai yang orisinilnya merk Showa harga sekitar 15.000 sekaleng, atau pakai merk jumbo harga variasi beda tiap toko antara 6.000 - 10.000 satu dus (ada dua botol), kalau aku sih pakai oli hidrolik (kebetulan di pabrik banyak), selain gratis juga kayakya lebih awet. Seal nya kalau orisinil AHM harga sekitar 40ribu sepasang, kalau yang abal-abal 13ribu sepasang. Nah buat ngakalin pakai aja sealnya punya Yamaha Force1, kalau gak salah inget harganya 25ribu sepasang.Ukurannya sama persis buat Supra X, harga miring dapet orisinil heheheheh.
Langkah pertama lepas roda, spakbor, dan rumah piston rem. Buka baut 14mm untuk melepas kedua shockbreaker. Untuk membongkar shockbreaker, tekan penutup shock bagian atas dan lepas/congkel ring penguncinya.
Keluarkan per dari dalam tabung dan buang oli di dalam tabung shockbreaker. Kocok-kocok as shockbreaker agar oli keluar semua. Biasanya kalau sudah lama gak diganti oli akan kental dan berwarna hitam seperti lumpur, dan baunya gak enak banget.
Untuk melepas tabung shock dalam, buka baut L pada bagian bawah tabung shock luar dengan menggunakan kunci L6mm. Tarik keluar tabung shock dalam, maka akan keluar beserta dengan damper rod dan rebound springnya. Cek kondisinya harus mulus tidak boleh ada yang cacat atau tergores, jika sudah cacat atau tergores harus ganti karena oli akan bocor terus melalui goresan pada batang pipa tersebut.
Bagian-bagian shockbreaker setelah diperetelin |
Jika seal oli sudah bocor maka harus diganti, ciri seal oli bocor yaitu pada bagian pipa shock dalam (yang mengkilap) basah terkena oli.
Untuk melepas seal oli yang pertama lepas dulu seal debu, lalu lepas ring pengunci seal oli dan lepas sealnya dengan cara mencongkel menggunakan obeng minus dengan diberi tatakan kain tebal pada pinggir tabung shock agar tidak cacat.
Pasang seal oli yang baru, masukkan pelan-pelan dan rata jangan sampai miring. Agar bisa rata waktu memasukkan ke tabung beri alas untuk memukul yang diameternya hampir sama dan bisa masuk ke tabung shockbreaker ( pakai bearing bekas roda depan pas banget ).
Pasang seal oli lalu taruh bearing roda bekas diatasnya baru diketok pakai palu agar seal bisa masuk secara rata |
Pasang ring pengunci, dan seal debu, lalu pasang tabung shock dalam beserta damper dan rebound spring, lalu kunci dengan baut pengikatnya (baut L6mm)
Isi shockbreaker dengan oli khusus shockbreaker (showa,jumbo) atau oli SAE 10 masing-masing tabung sebesar 64ml (biasanya aku pakai suntikan yang ada ukurannya untuk menakar jumlah oli).
Kalau mau memakai oli yang merk jumbo (satu kemasan ada 2 botol) isi masing-masing botol ke masing-masing tabung shockbreaker, dengan takaran kira-kira 2/3 oli dimasukkan ke tabung shock sehingga sisa 1/3 oli saja.
Masukkan per ke masing-masing tabung dengan posisi ulir renggang di bawah dan ulir yang rapat di atas.
Lalu pasang tutup shockbreaker atas dan juga ring penguncinya, agar mudah memasangnya pasang dulu kedua shock di motor dan kencangkan baut penguncinya , lalu masukkan tutup shock sambil ditekan menggunakan obeng dan tangan kanan, pasang penguncinya dengan tangan kiri dan tekan sampai masuk ke alur kuncinya (bunyi klik). Pasang roda, rem dan spakbor, dan shockbreaker depan tes motor di jalan bergelombang, supra X ku mentul-mentul lagi deh......
isi oli shock berbagai macam motor Honda
1. Grand/Impressa 52 ml
2. Supra X/Fit 64 ml
3. Supra 125/Fit S/X 72 ml
4. Revo 72 ml
5. Karisma 68 ml
6. Kirana 70 ml
7. Vario 75 ml
8. GL 100/125 80 ml
9. Win 81 ml
10.GL Pro/Max 157 ml
11.Mega Pro 163 ml
1.Tiger 126 ml
13.New Tiger 135 ml
14.Mega Pro = 159 ml
15.New Mega Pro = 163 ml
16.CS-1 = 54,5 ml
17.Beat = 76 ml
18.Blade = 65,5 ml
19.New Revo 110 = 65,5 ml
akan saya cobaaa
ReplyDeletesilahkan bro, gampang banget kok..
DeleteGan untuk buka atau pasang baut L yang dibawah katanya harus pakai kunci L disambung/las dengan besi yang lebih panjang dari tabung shock buat nahan yang didalam, betul atau tidak ya... mau bongkar nih, tatut bisa bongkar ga bisa pasang...
ReplyDeletekalau supra x 100 gak perlu kunc L panjang, karena piston dalam tidak ada kuncinya, kuncinya cuman baut L6 mm dibawah, cara nahan waktu ngelepas sama pas masang dengan menahan dan menarik pipa innernya gitu doang.
DeleteApakah supra fit lama jg tdk perlu kunci L yg dilas besi panjang??
Deleteterima kasih infonya om, mantep kayanya saya bisa ngerjain sendiri nih. salut
ReplyDeletemonggo silahkan dicoba, berbagi itu indah
DeleteMau tanya masbro...kalo ganti seal shock dean punya vixion sama juga ga seperti proses diatas,,,soalnya ngelepasnya apa didalam tabung snock dalam ada baut penahan lagi....ato tinggal dibuka baut l bagoan bawah luar aja...thanks
ReplyDeletekalau motor "laki" kayaknya ada baut penahan di dalam tabung, jadi harus pakai kunci panjang buat nahan waktu ngendorin baut bawahnya
Deletesiip.. thnks gan.. infony berguna bgt..
ReplyDeletemakasi gan,
ReplyDeleteane mw coba nih,
udah 1 bulan skok revo ane glodak glodok, kalo kena lubang d jalan,.
silahkan dicoba gan
Deletebgaimana kalo mw mendekin shokbreker tsb., tanpa nurunin segi2 ato tanpa ngurangin takaran oli yg standar rekomendasi pabrik..??
ReplyDeleteapakah ada bag komponen yg musti dibubut ato sbaliknya..!?
trims bro sbelum nya :-)
Bisa saja bro, caranya gak perlu dibubut, tinggal kikir saja pipa yang mengkilat dengan kedalaman seperti alur yang telah ada (fungsinya buat alur baut pengunci shock yang 14mm itu) yang dikikir satu posisi saja gak perlu melingkar seperti aslinya, nanti pas masang nah alur itu dipasin di baut pengunci.
DeletePosisi ngikirnya sekitar 1 atau 2 cm dibawah alur aslinya, maka motor ente shocknya dah turun 1-2cm, jangan melebihi 2 cm ya karena bakalan mentok nanti tubenya dan shock gak akan bekerja optimal. Lihat di gambar 1, itu shock ane juga dah ane turunin sekitar 1 cm (liat alur asli melingkar ada di atas segitiga) kalau ente nurunin 2 cm mungkin nanti ujungnya akan nongol dan mentok ke spakbor, solusinya ganti pakai spakbor MX atau dilubangin aja spakbor aslinya
Gan, Ijin Copas di Blog ane (Ane Pasang Link Agan) Pengalaman Buruk betulin Shock Depan dengan Bengkel Cina kena 150 ribu
ReplyDeleteok thank u dah ngelink gan
DeleteGan, kalo per dalam supra x 100 diganti dengan punya kharisma kependek'an gk?
Deletebang pasang sil nya atas bawah sama apa ga
ReplyDeleteBeda bro, masangnya yang ada tulisan/seri angka di posisi atas. Jangan sampai kebalik ya posisinya, kalau kebalik seal tidak bekerja optimal, malah lebih parah oli bisa ngocor.
Deletegan...mau nanyak kalo shock breakernya udah di buat ceper dan pengunci tutup tabung bagian atasny tdk ada gmana cra ngelepas tutupny gan??tlong dibntu ya
ReplyDeletebang, sokbeker belakang honda revo bisa ga dipasang di honda supra 100cc.
ReplyDeletetolong infonya thx
bisa,.. tapi agak pendek supra 100ccnya
ReplyDeletesalam kenal,saya mau tanya masbro ,bisa ga shockbreaker vixion lama di pake kan ke shockbreaker vixion new..
Deletethanks..
kl AS nya udh baret ap msih bs di perbaikin at hruz ganti>>>>>????
ReplyDeleteKalau baret cuma halus/tipis dan tidak mengakibatkan oli keluar antara tabung dan seal gak masalah bro, kalau baretnya dalam/kasar, olie pasti akan merembes melalui alur yg baret tadi, jadi harus diganti karena tidak bisa diperbaiki. Lihat aja dulu sehabis dipakai apakah pipa basah kena oli kalau basah berarti harus ganti
Deletebos masak oli dah dimasukkan 3/4 botol kok masih sisa 1/3? yg bener 3/4 sisa cm 1/4 lho he..he.. ato dimasukkan 2/3 sisa sisa 1/3 yg mana yg bener bos mohon pencerahan trims..
ReplyDeleteups sorry, yang bener 2/3 bro,,, thanks koreksinya
DeleteKl bwt Grand sami mawon kah?..thx pisan..
ReplyDeletecaranya sama, yang beda isinya, oli buat grand cuma 52ml bro
DeleteIni data volume oli buat motor Honda
1. Grand/Impressa 52 ml
2. Supra X/Fit 64 ml
3. Supra 125/Fit S/X 72 ml
4. Revo 72 ml
5. Karisma 68 ml
6. Kirana 70 ml
7. Vario 75 ml
8. GL 100/125 80 ml
9. Win 81 ml
10.GL Pro/Max 157 ml
11.Mega Pro 163 ml
1.Tiger 126 ml
13.New Tiger 135 ml
14.Mega Pro = 159 ml
15.New Mega Pro = 163 ml
16.CS-1 = 54,5 ml
17.Beat = 76 ml
18.Blade = 65,5 ml
19.New Revo 110 = 65,5 ml
Kalo sok supra x 125 apakah sama bang proses bongkar pasangnya seperti diatas ??? Mohon pencerahan
ReplyDeletesecara umum konstruksi shockbreaker sepeda motor sama, yang beda biasanya di diameter seal / as, volume oli, dan dimensi/ukuran lainnya. untuk proses bongkar pasang biasanya yang beda di tutup atas ada yang pakai drat, ada yang pakai ring/clip pengunci, sama membuka piston dalam ada yang harus ditahan kunci L10 panjang, ada yang tidak
DeleteMau tanya gan, kalo bongkar shock dpn yamaha vega r new, sm ga kaya d atas? Makash gan
ReplyDeletesama aja gan
Deletematur nuwun gan, saya nunut ngintip, solut penerangannya, bagus, apik, mantapppp
ReplyDeleteBro mau tanya, kalo shock depan'y SX125 bs di pasang gk di SX100 ?
ReplyDeleteKira2 diameter'y sama gk ya ?
Terima kasih..
Diameter motor bebek sama semua gan 26mm, yang beda mungkin panjangnya aja
Deletemau nanya gan klo supra fit 2006 berapa ukuran olinya?makasih
ReplyDeletesama ama Supra X 64ml
DeleteSalam kenal
ReplyDeleteMau tanya, agar sock depan nouvo lebih tinggi sekitar 10 cm, gmn caranya?
Alternatif ganti as... pake motor apa? Atau
Ganti sock ? Pk motor apa?
Aku modif trail matic
Thanks before!
Gan mau nanya.kalo oli nya kebanyakan efek nya apa?
ReplyDeleteefeknya shock jadi keras reboundnya
DeleteMas, itu per shocknya kan klo ga salah beda kerapatannya ya.
ReplyDeleteNah, yang bagian atas itu yang rapat apa yang renggang ya? Khawatir kebalik pas masukin ke tabungnya lagi
Hore....sukses, Thanks Gan !
ReplyDeleteselamat atas kesuksesannya gan, ikut senang
DeleteUntuk skok depan megapro baut L bwah luar dgn yg didalam(baut penahan) sama ukurannya???pake kunci L brp mm???
ReplyDeleteSupra fit new 2006 berapa olinya
ReplyDelete64ml
DeleteOm... aq sudah bongkar shockbreaker depan honda supra xx.. mengikuti saran om... trus pas pasang lagi, kenapa gak sama panjang shockbreakernya... kira2 kesalahannya d mana... mohon pencerahannya...terima kasih...
ReplyDeletebaut bawah udah dikencengin belum
Deletemisi numpang nanya,om.kapasitas oli sok depan jumbo per botolnya berapa mili ya,om?saya mau ganti oli sok depan thunder soalnya.maap saya kurang nyimak postingan2 sebalumnya.mathurtengkyu
ReplyDeleteTerimakasih banyak atas tulisan ini,,, sy sangat terbantu ketika pertama memasang sok dgn posisi pegas yg rapat di atas,,, akhirnya sepeda motor supraku soknya tidak main sama sekali. Untung saya baca tulisan ini. Terimakasih pak... slm.
ReplyDeleteTanya nig gan.untuk pnahan baut dalam tabung ukuran brapa aj.buat mua motor trmakasih
ReplyDeleteijin share mas. ....! dan terima kasih banyak ilmunya.
ReplyDeletebos baut M8 (L6 mm) punya ane udah dol kepalanya. kalo beli di toko ukurannya M8 yang panjang berapa? Salam dari profesorcilik.wordpress.com
ReplyDeleteWaduh belum pernah ngukur gan, kurang lebih 3 cm kalau gak salah
DeleteWaduh belum pernah ngukur gan, kurang lebih 3 cm kalau gak salah
Deletepagi pak broo , mau konsultasi nih . shock breaker depan Yamaha Fino saya kok jadi keras dan ambles . penyebabnya apa ya ? histori , pernah jatuh sekali . Tengkyu pak broo.
ReplyDeleteSeal bocor bisa jadi, sehingga oli di dalam berkurang atau malah dah abis
Deletebos mau nanya nh..shock beker supra x saya kalo mellewati polisi tidur koq bunyi duk duk keras gitu yh..soalnya baru ganti as shockbeker tpi yg mitasi bukan yg ori..
ReplyDeleteapakah itu berpengaruh bosss..mohon solusinya bos..soalnya udh berkali kali ke bengkel tpi g bisa bisa..trims
ReplyDeleteHarusnya gak masalah mau imitasi atau ori yg penting dimensi sama, mungkin olinya kurang jadi mentok pas lewatin poldur
Deletesma gan motr vega ane juga kaya gitu soknya klo lewt polisi tidur bunyi ,uda di ganti as sok,per ,oli sma aja gan tetp bunyi,jadi gimana gan ada solusinya g,mohon masukannya
Deletesma gan motr vega ane juga kaya gitu soknya klo lewt polisi tidur bunyi ,uda di ganti as sok,per ,oli sma aja gan tetp bunyi,jadi gimana gan ada solusinya g,mohon masukannya
DeleteAsslalkm,,sblmnya ane ucapin tararengkyu mas berkat postingan ini ane terbantukan,,berawal dr badget ane yg pas-Pasan di tambah lgi THR blm cair akhirnya ane memberanikan diri bongkar shock depan Vario 125 ane dgn alat alakadarnya,,hehee
ReplyDeleteAne cuman ganti olinya aj shrga 10rb merk jumbo,botol dot susu ank jdi korban buat takaran oli hehee ane isi sekitar 80ml alahasil lumayan bunyi jedak jeduk pas ngerem depan ilang,alhmdllh...
Tp mas ane menyaksikan dgn mata kpla ane sendiri pas bongkar posisi per yg renggang ada di bagian atas dan yg rapet ada di bawah mas,beda dgn postingan mas di atas,,,atau mungkin beda motor beda posisi per nya X ane kga tau dh,,skli lgi trmksh postingan yg sgt mmbntu nmbh ilmu.
Mungkin beda motor beda posisi banng, ane juga baru bongkar mio sama supra , belum pernah yg lain jadi beoum tahu gimana posisi pernya masing masing motor, thanks atas sharenya gan
Deletemau tanya ini, saya punya shock tiger tapi tabung luarnya mau saya ganti pake punya GL Max bisa gak ya gan? soalnya biar dudukan slebor depan ada dibawh velg, kalau pakai tigernya dudukannya pas di atas velg jadi kalau pakai ban ukuran 400 kegesek sama dudukannya
ReplyDeleteTabung depan/bottom shock supra X 100 bisa diganti sama tabungnya motor apa ya yg cocok bang? Udah susah nih cari tabung supra x ori AHM.
ReplyDeleteGan kalo pake oli hidrolik itu harus di campur sama oli biasa engga?
ReplyDeleteenggak usah , kekentalan udah sama dengan oli shock
DeleteMantab Mas Bro...
ReplyDeleteJadi ngerti ane..
pagi mas bro
ReplyDeletesaya mau tanya apa shock supra fit new ada penahan baut di dalam tabungnya?
kayaknya gak ada , kayak supra x
Deletetengkyu udah coba.
ReplyDeleteUkuran panjang per depan supra x125 brp ?
ReplyDeleteGan smash punya brapa ml olinya?
ReplyDeletegan numpang nanya,, ukuran oli standar pabrikan supra 125 ane kan 72ml, itu per tiap tabung atau 2 tabung? dan motor ane shock depan yg sebelah kanan kok sering bocor ya? udah ganti seal 2 kali dan ganti as sekali sekarang bocor lagi.... mohon pencerahan gan
ReplyDeleteoli per satu tabung 72ml gan. mungkin seal debunya rusak gan jadi debu masuk ke seal dalam dan merusak seal dalam.
DeleteMas Browser,mau tanya nich...kalo membuka sok depan Revo,kita harus menyiapkan kunci L panjang gak...?soalnya saya cuma punya kunci L yang pendek aja ni....mohon pencerahannya..mmakasih
ReplyDeletepakai kunci L pendek juga bisa gan kalau gak kuat kasih pipa buat sambungan kunci biar enak muternya
Deletemas bro mau tanya, kalo saya kencengin skok dari bawah. . kok muter terus..ukuran kunci L brapa untuk tahan dalam skok ?
ReplyDeleteklo yamaha brapa ukrnya
kunci L10 tapi yang panjang
DeleteMohon info nya cara masang balik tutup shok nya gmn ya?
ReplyDeletekalau enaknya pipa shock dicatok/ragum dulu tapi dililitin kain ya biar gak lecet. lalu masukkan penutup tekan dengan obeng memakai tangan kiri dan tang kanan memasukkan ring pengunci dibantu pakai obeng min kecil (tespen) buat nekan ring agar masuk ke alurnya
Deletemau tanya bro kalo udah di tambahin oli udah lebih dari takarannya tapi tetep aja empuk apanya yang rusak ya bro
ReplyDeletepernya udah lemah bisa gan
DeleteTerimakasih gan atas bantuannya
ReplyDeleteGimana cara pesan sperpat kereta supra x yg ori dan dapat di pecaya
ReplyDelete