15 December 2012

Bikin Speaker Multimedia 2.1 channel

Pada awal-awal keluarnya sistem home theatre dulu sempat beli yang 5.1 channel di glodok, merk yang abal2. Setelah dicoba buat nonton film emang enak sih efek surround terdengar jelas dari depan dan belakang, suara efek2 seperti orang tepuk tangan keluar dari speaker belakang. Cuma sayang gak puas banget ama sub woofernya. Gak berasa "njedhuk". Dan akhirnya sekarang nganggur gak dipakai dan dipacking manis dalam bok, dah jarang nonton film lagi hehehe. 

Karena penasaran gw bongkar pengen tahu dalemannya apaan. Ternyata eh ternyata isinya gak ada yang spesial, tone dan control channel menggunakan IC digital terus diumpankan ke power menggunakan IC TDA 2030 untuk lima channel dan subsnya cuman pakai LM1875 :hammer.
Lebih kaget lagi driver subnya cuman pakai subwoofer 4", pantesan gak bisa nendang.

Berawal dari kekecewaan tersebut, akhirnya niat bikin speaker sendiri 2.1 channel, 2 channel buat satelit kiri dan kanan, dan 1 channel lagi buat subwoofer.
Driver subsnya pakai Legacy 6", untuk satelit R-L nya rencana mau pakai bekas home theatre dulu.
Power Subs pakai IC TDA7294 yang cukup kuat tenaganya, sebelum masuk power dikasih low Pass Filter dan di cut di frekuensi 100Hz. Untuk satelit kanan kiri pakai TDA2030 dan di kasih High Pass Filter di frekunsi 100Hz. Input preamp kasih tone control yang umum aja type Baxandall.
Komponen semua resistor pakai metal film, kapasitornya campuran ada yang mylar ada yamg MKM, nyari yang MKM semua gak ada ukuran.

Box subsnya juga bikin sendiri dengan volume kurang lebih 11 liter, pakai multipleks 2,5 cm , lupa gak ukur dimensinya lha wong multipleksnya juga cuman dapet bekas sisa bikin meja dari pabrik, heheheh. Dibelakang boks dikasih ruangan buat tempat rangkaian dan trafo.

Box selesai lalu bikin routing PCB buat power dan tone control, setrika, rendem ferri chlorit, dan solder. Trafonya pakai trafo bikin sendiri juga khusus buat 2.1 channel liat disini. Jadi dalam 1 trafo ada 3 keluaran tegangan yang berbeda untuk masing2 power. 22V CT buat TDA7294, 12V CT buat supply 2 TDA2030, dan 9V engkel buat supply kipas.

Power 2.1 channel dah ada rangkaian filternya

Selesai solder langsung rakit kasih tegangan dan ukur ketiga outputnya 0 Volt semua siippp dehhh.
Langsung pasang speaker kanan kiri dan subs, buat ngetes satelit pakai speaker buatan sendiri AK61P. Tes dengan lagu2nya Scorpion, cetar membahana. Bass mantep walupun boomy emang niatnya buat nonton film bukan buat musik hehehe. Mid terlalu tebal dan high juga runcing, mungkin karena pakai TDA2030, kayaknya enakan kalau pakai LM1875. 

Baru denger sebentar dah dimaharin ama temen wkwkwkwkw

Baru juga diburning temen denger suaranya langsung tertarik, dan terjadilah tawar menawar, akhirnya ditebus juga ama temenku, yo wis lah udah ngerasain suaranya ini, gak cocok sub legacy buat musik, ya iyalah.... lha wong itu subwoofer buat mobil hahahahahah......


14 comments:

  1. Replies
    1. ntar gw uplod mas,thanks dah mampir

      Delete
    2. udh di upload blum mas layoutnya....mksh

      Delete
  2. mas ukuran bok subwopernya berapa?
    ada lay-out pcb nya?mkasih

    ReplyDelete
  3. boleh mnta skema dan layout pcbnya pak....?? klo boleh mohon dikirim ke anangssst@gmail.com, makasih

    ReplyDelete
  4. boleh minta skema dan layout pcbnya pak....??
    klo boleh mohon dikirim ke pwanto77@gmail.com, makasih

    ReplyDelete
  5. Boleh Minta Skema box Subwoofernya Pak...

    ReplyDelete
  6. mohon maaf semuanya layout PCB kesimpen di laptop, dan laptopnya rusak, dah coba benerin gak bisa, maaf banget

    ReplyDelete